Ukraina Bahas Pemulangan Korban Pesawat yang Jatuh Ditembak

    Fajar Nugraha - 17 Januari 2020 07:08 WIB
    Ukraina Bahas Pemulangan Korban Pesawat yang Jatuh Ditembak
    Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran. Foto: AFP
    Kiev: Menteri Luar Negeri Ukraina Vadym Prystaiko mengatakan bahwa ia telah berdiskusi dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengenai pemulangan mayat-mayat korban pesawat terbang Ukraina yang jatuh dekat Teheran pekan lalu.

    "Kami membahas pemulangan mayat para korban Ukraina dan juga peran Ukraina dalam penyelidikan bersama, khususnya akses ke kotak hitam,” tulis Prystaiki di Twitter, seperti dikutip The Star, Jumat, 17 Januari 2020.

    “Tuntutan kami tetap tidak berubah," imbuhnya Prystaiko.

    Pesawat Ukraine International Airlines ditembak oleh rudal Iran pada 8 Januari tak lama setelah meninggalkan Teheran dalam perjalanan ke Kiev. Iran mengakui pada Sabtu bahwa pihaknya telah menembak jatuh pesawat Ukraine International Airlines karena kesalahan tidak disengaja.


    Tanggung jawab penuh


    Pertemuan dari wakil keluarga korban pesawat Ukraina yang ditembak jatuh oleh Iran, mendesak Negeri Mullah itu bertanggungjawab penuh. Iran diharuskan membayar kompensasi kepada keluarga korban.

    Para menteri dari lima negara yang kehilangan warga negaranya melakukan pertemuan di London, Inggris membahas tanggungjawab yang harus diambil Iran terhadap pesawat Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752. Forum ini mempertemukan perwakilan dari Afghanistan, Swedia, Kanada, Belanda, Ukraina, dan Inggris setelah bencana.

    Lima elemen kunci telah disetujui oleh para perwakilan termasuk; akses tanpa hambatan untuk layanan konsuler, di samping jaminan bahwa identitas korban dan repatriasi akan dilengkapi dengan ‘martabat dan transparansi’.

    Para menteri dari negara-negara juga sepakat bahwa harus ada penyelidikan menyeluruh terhadap kecelakaan itu sesuai dengan pedoman internasional. Itu memicu desakan kuat bagi Iran untuk menganggap "tanggung jawab penuh atas jatuhnya pesawat” dan untuk memberi kompensasi kepada mereka yang terkena dampak.

    Konsensus yang dicapai pada pertemuan puncak diumumkan oleh Menteri Luar Negeri Kanada François-Philippe Champagne. Bersama Iran, Kanada kehilangan banyak warganya dalam bencana tersebut.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id