Rusia Kirimkan Pasokan Medis ke Amerika Serikat

    Arpan Rahman - 02 April 2020 19:07 WIB
    Rusia Kirimkan Pasokan Medis ke Amerika Serikat
    Seorang warga Rusia mengenakan masker agar mencegah terinfeksi virus korona. Foto: AFP
    Moskow: Menyusul berita bahwa Presiden Donald Trump menerima tawaran bantuan Moskow, terungkap bahwa pesawat militer Rusia yang membawa pasokan medis dan peralatan pelindung diri (APD) sedang dalam perjalanan ke Amerika Serikat.

    Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, “Trump menerima dengan rasa terima kasih bantuan kemanusiaan ini”. Hal itu terungkap dalam panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Trump. AS bergulat dengan epidemi coronavirus, jumlah total kasus yang meningkat menjadi 216.722. Jumlah kematian saat ini di AS menjadi 5.137.

    Trump membuat referensi ke bantuan Rusia untuk kali pertama selama konferensi pers pada Senin. Dia berkata: "Rusia mengirimi kami banyak sekali paket barang".

    Namun, Presiden AS belum menguraikan rincian pasokan.

    Laporan dari pemerintah AS yang menerima bantuan dari Rusia telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Moskow mungkin menggunakan krisis coronavirus untuk membuat AS meringankan beberapa sanksi yang telah dijatuhkan pada Rusia.

    Rekaman yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan sebuah pesawat militer penuh kardus lepas landas dari lapangan terbang di luar Moskow pada Selasa malam.

    Ini terjadi setelah militer Rusia mengirim beberapa pesawat dengan persediaan medis dan dokter ke Italia bulan lalu.

    Rusia tidak merinci isi pengiriman itu, tetapi media Italia melaporkan bahwa pemerintah setempat menganggap sebagian besar dari itu "tidak berguna".

    Pengkritik pemerintah di Rusia menuduh Presiden Putin menempatkan ambisi globalnya di atas kesejahteraan negara.

    "Wilayah kami kekurangan kebutuhan yang paling mendasar, mereka hampir habis bahkan dengan masker wajah," tulis pemimpin oposisi Lyubov Sobol.

    "Putin hidup di dunia dongeng dan memainkan permainan geopolitiknya saat situasinya semakin buruk setiap hari," cetusnya, dikutip dari Express, Kamis, 2 April 2020.

    Bantuan tersebut datang ketika dokter di seluruh Rusia mengeluh tentang kurangnya APD. Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin mengatakan awal pekan ini bahwa kota itu dapat segera kehabisan pakaian pelindung.

    Berita itu muncul ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi dirinya terhadap virus corona. Presiden telah meningkatkan langkah-langkah untuk menjauhkan diri setelah sejumlah politisi dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dinyatakan positif terkena virus korona.

    Kremlin, sejak itu mengatakan semuanya baik-baik saja dengan kesehatan Putin. Namun, mereka mengatakan presiden sekarang menjaga jarak dari orang lain dan lebih suka bekerja dari jarak jauh.

    Ketika ditanya apakah Putin telah mengubah cara dia menyapa orang dan sekarang menjaga jarak, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan: "Tentu saja, sekarang semua orang menjaga jarak sosial. Semua orang melakukan ini."

    Rusia memperluas penguncian virus korona pada Rabu mencakup lebih banyak wilayahnya ketika jumlah resmi infeksi naik menjadi 3.548. Sejauh ini 30 orang tewas di Rusia.

    Moskow, telah menjadi pusat penyebaran wabah Rusia dan sekarang terhenti sejak mengumumkan penutupan sebagian pada Minggu.

    Para penghuni dapat meninggalkan rumah mereka hanya untuk membeli makanan atau obat-obatan di dekatnya, mendapatkan perawatan medis yang mendesak, mengajak anjing berjalan atau mengosongkan tempat sampah mereka.

    Lapangan Merah sebagian besar kosong pada Selasa kecuali polisi yang menghentikan orang yang lewat sesekali untuk memeriksa surat-surat mereka.

    Pada Rabu, seorang pejabat kota Moskow mengatakan pihak berwenang telah mengembangkan aplikasi smartphone untuk penduduk yang telah tertular virus tersebut.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id