Semangat Nasionalisme Kemerdekaan RI dari Jenewa - Medcom

    Semangat Nasionalisme Kemerdekaan RI dari Jenewa

    Sonya Michaella - 17 Agustus 2019 21:32 WIB
    Semangat Nasionalisme Kemerdekaan RI dari Jenewa
    Upacara kemerdekaan RI ke-74 di Jenewa, Swiss. (Foto: Dok. PTRI Jenewa)
    Jenewa: Lebih dari 300 Warga Negara Indonesia (WNI) turut berpartisipasi dalam upacara peringatan HUT RI ke-74 di PTRI Jenewa. Mayoritas WNI tersebut bekerja di berbagai organisasi internasional, kalangan profesional dan pelancong yang tengah berada di Jenewa.

    "Partisipasi WNI pada HUT RI tahun ini terbilang besar untuk kota kecil seperti Jenewa. Hal ini merefleksikan begitu besar antusiasme WNI yang tinggal atau sedang berada di Jenewa," kata Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Hasan Kleib, dalam keterangan tertulis PTRI Jenewa yang diterima Medcom.id, Sabtu 17 Agustus 2019.

    Menurut Hasan, cukup banyak WNI yang bekerja di organisasi internasional di Jenewa seperti kantor PBB, WTO, IOM, UNHCR, WHO dan WIPO. Ini menunjukkan SDM Indonesia mampu bersaing di dunia internasional.

    "Keterlibatan WNI di berbagai organisasi internasional akan terus didorong dan ditingkatkan sesuai dengan tema HUT RI ke-74: SDM Unggul, Indonesia Maju," lanjut dia.

    Usai upacara bendera, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah. Kesempatan ini juga digunakan PTRI Jenewa untuk menjelaskan makna potong tumpeng.

    "Falsafah tumpeng adalah lambang gunungan yang bersifat awal dan akhir. Selama ini, masyarakat Indonesia terbiasa dengan memotong tumpeng dari puncaknya. Kebiasaan ini seakan memotong hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Jadi tumpeng itu dikeruk, bukan dipotong," jelas Hasan lagi.

    Rangkaian peringatan HUT RI ke-74 di Jenewa akan diikuti oleh gelaran Pesta Rakyat pada 25 Agustus mendatang dan resepsi diplomatik bagi perwakilan negara-negara sahabat. 




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id