Dua Remaja Ditangkap Terkait Pembunuhan Jurnalis Irlandia

    Marcheilla Ariesta - 21 April 2019 18:02 WIB
    Dua Remaja Ditangkap Terkait Pembunuhan Jurnalis Irlandia
    Polisi berada di lokasi penembakan terhadap jurnalis bernama Lyra McKee di Derry, Irlandia Utara. (Foto: AFP/Paul Faith)
    Derry: Dua orang ditangkap polisi Irlandia Utara terkait pembunuhan seorang wartawan. Pembunuhan terhadap jurnalis bernama Lyra McKee, 29, itu memicu kecaman internasional.

    Remaja berusia 18 dan 19 tahun itu ditangkap di Derry. Mereka didakwa dengan undang-undang antiteror dan dibawa ke Belfast untuk diinterogasi.

    McKee ditembak di kepala pada Kamis 18 April malam di Derry. Polisi yakin pembunuhannya terkait dengan kelompok paramiliter IRA.

    Detektif yang memburu pelaku merilis rekaman kamera keamanan yang memperlihatkan kerusuhan di perkebunan Derry's Creggan. Mereka berharap publikasi itu akan membantu melacak pembunuhnya.

    Rekaman menunjukkan McKee berdiri bersama wartawan lain di samping mobil polisi. Sementara terduga pelaku datang dari arah samping.

    Kepala tim penyelidikan, Inspektur Jason Murphy, mengatakan bahwa polisi telah melakukan sejumlah pencarian pelaku pembunuh McKee.

    "Lyra dibunuh oleh teroris. Saya percaya bahwa orang yang bertanggung jawab adalah anggota kelomppk New IRA," katanya, dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu 21 April 2019.

    Murphy mengatakan ada 'generasi baru' teroris yang datang melalui New IRA. Dia menambahkan pembunuhan McKee bersifat brutal dan mengejutkan komunitas global. "Lyra dibunuh oleh peluru yang ditembakkan seseorang dengan sadis," katanya.

    New IRA adalah kelompok paramiliter republik yang menentang perubahan untuk mewujudkan Irlandia bersatu. Sebelumnya, kelompok itu bernama IRA. 

    IRA sempat menyerukan gencatan senjata terakhir pada 1997 dan mengumumkan diakhirinya kampanye bersenjata pada 2005. Namun beberapa grup pecahan IRA bermunculan dan melanjutkan gerakan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id