PM Inggris Bujuk Trump agar Tidak Perang Lawan Iran

    Arpan Rahman - 19 September 2019 13:21 WIB
    PM Inggris Bujuk Trump agar Tidak Perang Lawan Iran
    Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Foto: AFP
    London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berupaya untuk berbicara dengan Donald Trump agar tidak berperang dengan Iran. Upaya itu setelah Presiden Amerika Serikat itu memberikan lebih banyak sanksi pada kekuatan Timur Tengah.

    Johnson mendesak ‘tanggapan diplomatik’ terhadap serangan ladang minyak Arab Saudi yang disalahkan kepada Teheran. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebutnya ‘serangan Iran’ dan ‘aksi perang’.

    (Kantor PM Inggris) Downing Street mengatakan: "Perdana Menteri berbicara kepada Presiden Trump sore ini (Rabu) setelah serangan Sabtu terhadap fasilitas minyak Aramco di Arab Saudi”.

    "Mereka mengutuk serangan itu dan membahas perlunya respons diplomatik terpadu dari mitra internasional," serunya, dinukil dari The Sun, Kamis 19 September 2019.

    Namun Trump kemudian mengatakan ada banyak opsi tersedia, termasuk ‘opsi pamungkas’ -- perang melawan Iran.

    Dia sebelumnya mengumumkan sanksi baru terhadap Iran, meningkatkan ketegangan di antara kedua negara.

    Anggota parlemen dari Partai Tory, Tobias Ellwood, mantan menteri Timur Tengah di Kantor Luar Negeri Inggris, menjawab tweet tentang sanksi Trump dan mendesak agar tenang.

    "Dan Iran akan menanggapi -- meningkatkan ketegangan (Timur Tengah) & menggerakkan kita selangkah lebih dekat ke konflik terbuka,” tulis Ellwood melalui Twitter.

    "Kita membutuhkan respons strategis yang berkomitmen daripada respons taktis yang berupaya mengatasi masalah regional yang tidak terselesaikan, rumit, terjalin, yang secara kolektif, telah kita hindari terlalu lama," cetusnya.

    Sementara pejabat di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, mengungkapkan bukti material serpihan rudal dan drone dari ledakan minyak -- mengklaim itu dibuat di Iran.

    Pemberontak Houthi yang didukung Iran mengklaim bertanggung jawab. Namun Pompeo mengatakan yakin bahwa mereka tidak memiliki sistem senjata yang bertanggung jawab dalam serangan tersebut.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id