Festival Indonesia Ke-4 Targetkan Kehadiran 140 Ribu Warga Rusia

    Marcheilla Ariesta - 04 Juli 2019 14:04 WIB
    Festival Indonesia Ke-4 Targetkan Kehadiran 140 Ribu Warga Rusia
    Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi (kiri) dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya (kanan) promosikan Festival Indonesia ke-4 di Rusia. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
    Jakarta: Festival Indonesia ke-4 akan segera digelar kembali di Moskow, Rusia. Tahun ini, tema yang diambil adalah 'Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise'.

    Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi menuturkan kegiatan ini sangat ampuh untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Dia menargetkan jumlah pengunjung festival ini akan mencapai 140 ribu orang.

    "Tahun ini, kita targetkan sekitar 140 ribu warga Rusia akan hadir. Nantinya akan kita pamerkan berbagai produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia," tuturnya di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

    Dubes Wahid menambahkan, selain pameran produk unggulan akan ada pula forum bisnis. Tujuan dari forum bisnis ini untuk menarik para investor dari Rusia ke Indonesia.

    Dia mengatakan ada sekitar delapan provinsi di Indonesia yang sudah mendaftar untuk ikut dalam kegiatan bisnis forum dan berpartisipasi dalam festival ini. Para pemerintah daerah dari provinsi tersebut diminta untuk membawa pengusaha-pengusaha lokal mereka.

    "Delapan provinsi itu antara lain Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Aceh, Kepulauan Riau, dan Papua Barat. Baru ini yang konfirmasi, kita masih menunggu daerah lainnya untuk ikut bergabung," ucap Dubes Wahid.

    Fokus dari forum bisnis tersebut adalah peningkatan kerja sama di bidang infrastruktur, energi dan pariwisata.

    Dalam jumpa pers ini, Dubes Wahid didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya. Nia menuturkan bahwa kegiatan Festival Indonesia di Moskow ini sangat membantu pertumbuhan pariwisata Indonesia.

    "Kegiatan seperti ini sangat bagus sekali untuk meningkatkan awareness. Dengan kegiatan Festival Indonesia ini, saling melengkapi untuk menjual potensi pariwisata kita agar semakin banyak dikunjungi," terangnya.

    Dari data yang dijabarkan, sekitar Januari hingga Mei 2019 saja, pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara dari Rusia ke Indonesia mencapai 13,49 persen atau sebanyak 70.795 orang. Kebanyakan dari mereka mengunjungi Bali, Jakarta dan Kepulauan Riau.

    Festival Indonesia ke-4 ini akan dilaksanakan pada 2 hingga 4 Agustus di salah satu taman strategis di Ibu Kota Moskow, yakni Taman Krasnaya Presnya. Taman seluas 16,5 Hektar ini didirikan pada 1932 dan merupakan monumen bersejarah abad XVIII-XIX.

    Pada 2018, festival tahunan ini dikunjungi lebih dari 135 ribu orang Rusia. Festival Indonesia ini merupakan wadah untuk promosi perdagangan, investasi, pariwisata, dan seni budaya terpadu yang merupakan bagian dari diplomasi ekonomi Indonesia di Rusia.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id