Skandal Pekerjaan Palsu, Mantan PM Prancis Hadapi Persidangan

    Arpan Rahman - 25 April 2019 06:56 WIB
    Skandal Pekerjaan Palsu, Mantan PM Prancis Hadapi Persidangan
    Mantan PM Prancis Francois Fillon dihadapkan pada kasus pidana penipuan. (Foto: AFP).
    Paris: Mantan Perdana Menteri Prancis Francois Fillon akan menghadapi persidangan atas dakwaan melakukan pekerjaan palsu.

    Fillon, yang pencalonannya pada pemilu 2017 untuk kursi kepresidenan Prancis dihantam skandal itu, yang melibatkan istrinya. 

    Dinukil dari laman France24, Selasa 23 April 2019, hakim investigasi telah merekomendasikan persidangan untuk tokoh konservatif berusia 65 tahun dan istrinya Penelope yang berkebangsaan Inggris. Tuduhan yang diajukan ialah menyalahgunakan uang publik, konspirasi, dan gagal mengungkapkan sepenuhnya situasi keuangan mereka kepada pengawas Prancis.

    Sebagai kandidat 2017 untuk partai Les Republicains sayap kanan, Fillon secara luas dipandang berada di jalur kemenangan kursi kepresidenan sebelum bocoran diterbitkan oleh surat kabar investigasi Le Canard Enchaine pada Januari 2017, menghancurkan kredibilitasnya.

    Melalui beberapa artikel, surat kabar itu mengatakan telah melihat slip gaji untuk Penelope kelahiran Wales yang menunjukkan dia telah dibayar 680.000 Euro sebagai asisten parlemen untuk Fillon antara tahun 1986 dan 2013, tetapi hanya melakukan sedikit atau bahkan tiada pekerjaan di majelis nasional.

    Fillon juga membayar dua anak pasangan itu buat bekerja sebagai pengacara ketika ia menjadi senator antara 2005 dan 2007.

    Dia finis ketiga dalam putaran pertama pemungutan suara pada April 2017 dengan 20,01 persen suara, di belakang tokoh moderat Emmanuel Macron dan kandidat sayap kanan Marinir Le Pen.

    Di bawah sistem hukum Prancis, Fillon dapat mengajukan banding atas keputusan untuk mengadili dirinya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id