Lebih dari 100 Imigran Dicegat di Selat Inggris

    Arpan Rahman - 09 Februari 2020 14:02 WIB
    Lebih dari 100 Imigran Dicegat di Selat Inggris
    Otoritas Inggris menyelamatkan 20 imigran yang berusaha menyeberangi Selat Inggris dari Prancis. (Foto: SOCIETE NATIONAL DE SAUVETAGE EN MER / VIA AFP-JIJI)
    Kent: Lebih dari 100 imigran telah berhasil dicegat saat berusaha melintasi Selat Inggris dengan menggunakan enam kapal. Kementerian Dalam Negeri Inggris mengonfirmasi bahwa petugas lintas agensi telah mencegat enam kapal yang mengangkut 102 orang.

    Otoritas Prancis juga telah menahan sekitar 30 orang yang hampir mencapai negara tersebut via Selat Inggris. Terdapat pula sebelas imigran yang berhasil diselamatkan usai kapal mereka kemasukan air.

    "Kami menangani semua aktivitas penyeberangan imigran ilegal di semua lini," kata Menteri Keamanan Inggris Brandon Lewis, disitir dari BBC, belum lama ini.

    Kamis kemarin, 90 imigran -- termasuk beberapa anak-anak -- telah diselamatkan dari Selat Inggris. Agensi Kejahatan Nasional mengatakan para imigran yang berusaha masuk ke Inggris kini cenderung melakukannya beramai-ramai dalam jumlah besar untuk meningkatkan peluang mereka melewati petugas. 

    Pasukan Perbatasan Inggris telah mencegat kapal pertama yang membawa 26 pria dan enam wanita pada pukul 01.00 GMT. Kapal kedua yang membawa 12 pria dan satu wanita dicegat sekitar 02.45, dan kapal ketiga dengan 14 pria dan satu wanita ppada 03.55 GMT.

    Memasuki pukul 08.00 GMT, Kepolisian Kent menahan delapan pria dan satu wanita di Sandgate Beach. Dua jam berselang, Pasukan Perbatasan Inggris menghentikan sebuah kapal yang membawa 10 pria, dan pada pukul 10.45 GMT, petugas mencegat kapal yang membawa 16 pria dan tujuh wanita.

    Dari 102 imigran, tujuh mengklaim masih berada di bawah umur. Mereka mengaku berasal dari Afghanistan, Iran, Irak, Pakistan dan Suriah.

    Para imigran yang ditahan ini akan dilimpahkan ke layanan sosial usai pemeriksaan usia. Sebagian lainnya akan dilimpahkan ke otoritas keimigrasian.

    "Mayoritas imigran yang mencoba melakukan perjalanan (melintasi Selat Inggris) ini telah berhasil dihentikan. Hanya 25 persen yang berhasil mencapai Inggris tahun ini, relatif rendah bilang dibandingkan 48 persen tahun lalu," pungkas Lewis.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id