Dua Tokoh Lagi Calonkan Diri untuk Jabatan PM Inggris

    Willy Haryono - 26 Mei 2019 16:10 WIB
    Dua Tokoh Lagi Calonkan Diri untuk Jabatan PM Inggris
    Mantan Menteri Brexit Dominic Raab. (Foto: AFP/Getty)
    London: Dua tokoh lagi menyatakan niat mereka untuk maju sebagai calon perdana menteri Inggris pengganti Theresa May yang akan mengundurkan diri pada 7 Juni mendatang. Kedua tokoh tersebut adalah mantan anggota kabinet Dominic Raab dan Andrea Leadsom.

    Mereka adalah tokoh keenam dan ketujuh dari Partai Konservatif yang turut bergabung dalam kompetisi menduduki jabatan PM Inggris. PM May memilih mengundurkan diri karena berbagai upayanya untuk menghadirkan perjanjian Brexit -- istilah untuk keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa -- tidak kunjung terwujud.
    Berbicara kepada Daily Mail pada Minggu 26 Mei 2019, Raab mengatakan Inggris perlu meninggalkan keanggotaan UE pada 31 Oktober. Oktober merupakan tenggat waktu terbaru yang telah diberikan UE kepada Inggris.

    Sementara Leadsom menyebut dirinya adalah pendukung Brexit tanpa perjanjian apapun, dengan catatan jika memang pada tenggat waktu yang ditetapkan tidak tercapai adanya kompromi. Selama ini, perjanjian Brexit yang disodorkan PM May kepada Parlemen Inggris selalu ditolak.

    "Untuk sukses dalam sebuah negosiasi, Anda juga harus bersiap untuk balik badan dan pergi," sebut Leadsom kepada Sunday Times.

    Raab -- Menteri Brexit di era PM May sebelum akhirnya mengundurkan diri pada November 2018 -- mengaku lebih "cenderung" mendorong adanya perjanjian pada tenggat waktu yang telah ditetapkan UE. Ia menegaskan Inggris perlu "mendemonstrasikan keteguhan tak tergoyahkan" saat nantinya benar-benar keluar dari keanggotaan UE.

    Menurut Sunday Times, Menteri Lingkungan Hidup Inggris Michael Gove sedang bersiap mengumumkan pencalonan dirinya untuk jabatan PM Inggris. Jika terkonfirmas, maka ia akan menjadi tokoh kedelapan.

    Sebelum adanya pergantian, May masih akan menjabat PM Inggris hingga kontestasi jabatan berlangsung.

    Sementara itu, lima tokoh yang telah mencalonkan diri sebelum Raab dan Leadsom adalah Menteri Luar Negeri Jeremy Hunt; Menteri Perkembangan Internasional Rory Stewart; Menteri Kesehatan Matt Hancock, mantan Menlu Inggris Boris Johnson; dan mantan Menteri Tenaga Kerja dan Pensiun Esther McVey. 

    Baca: Lima Kandidat Calonkan Diri untuk Posisi PM Inggris



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id