WHO: Kasus Baru Korona Lebih Tinggi di Luar Tiongkok

    Fajar Nugraha - 27 Februari 2020 06:09 WIB
    WHO: Kasus Baru Korona Lebih Tinggi di Luar Tiongkok
    Warga di Wuhan, Tiongkok yang dirawat karena infeksi virus korona. Foto: AFP
    Jenewa: Jumlah kasus baru dari virus korona yang dilaporkan di luar Tiongkok telah melampaui jumlah kasus baru di Negeri Tirai Bambu untuk pertama kalinya.

    Hal ini dipastikan oleh Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan kepada para diplomat di Jenewa kemarin.

    WHO menyebutkan jumlah kasus baru di Tiongkok pada 411 pada hari Selasa. Yang terdaftar di luar Tiongkok berjumlah 427.

    Dr Ghebreyesus mengatakan bahwa sampai kemarin pagi, 78.190 kasus COVID-19 telah didaftarkan di Tiongkok, termasuk 2.718 kematian. Ada 2.790 kasus dan 44 kematian dilaporkan di 37 negara lain. Tedros mengakui bahwa kenaikan dalam kasus-kasus di luar Tiongkok telah mendorong desakan agar pandemi diumumkan.

    "Kita seharusnya tidak terlalu bersemangat untuk menyatakan pandemi," kata Ghebreyesus, seperti dikutip AFP, Kamis, 27 Februari 2020.

    “Deklarasi semacam itu dapat memberi sinyal bahwa kita tidak dapat lagi mengandung virus. Ini tentu tidak benar,” tegasnya.

    Tetapi dia bersikeras bahwa WHO tidak akan ragu untuk menyatakan pandemi "jika ini adalah deskripsi akurat dari situasi".

    Sementara itu lima daerah di Tiongkok menurunkan tingkat tanggap darurat mereka setelah menilai bahwa risiko kesehatan dari wabah virus telah surut. Wilayah Mongolia dalam di Tiongkok utara, wilayah Xinjiang barat, Provinsi Sichuan barat daya, Provinsi Jilin timur laut dan pulau selatan Hainan semuanya memangkas tingkat tanggap darurat mereka.

    Tiongkok juga mengkarantina 257 penumpang dari dua penerbangan dari Korea Selatan. 94 penumpang dalam penerbangan dari Seoul setelah mendarat di Nanjing pada Selasa dan tiga orang di atasnya menunjukkan tanda-tanda demam.

    Pesawat itu juga mengkarantina 163 penumpang dalam penerbangan lain dari Korea Selatan ke kota timur Weihai kemarin setelah lima penumpang menunjukkan tanda-tanda demam.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id