Taliban Kunjungi Moskow usai Trump Akhiri Negosiasi Damai

    Willy Haryono - 14 September 2019 13:02 WIB
    Taliban Kunjungi Moskow usai Trump Akhiri Negosiasi Damai
    Pertemuan antara Taliban dan perwakilan oposisi pemerintah Afghanistan di Moskow, Rusia, 5 Februari 2019. (Foto: AFP/YURI KADOBNOV)
    Moskow: Tim negosiator dari kelompok militan Taliban tiba di Moskow, Rusia, Jumat 13 September. Kedatangan Taliban terjadi beberapa hari usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa negosiasi damai dengan grup tersebut sudah "mati."

    Dikutip dari kantor berita Tass, Sabtu 14 September 2019, juru bicara Taliban Suhail Shaheen dikabarkan telah berkonsultasi dengan Zamir Kabulov, utusan khusus Rusia untuk Afghanistan.

    Media Interfax mengutip seorang juru bicara di Kementerian Luar Negeri Rusia dan mengatakan bahwa kunjungan Taliban ini menggarisbawahi pentingnya menghidupkan kembali negosiasi damai dengan AS.

    Dalam kunjungan ini, Taliban dikabarkan telah mengonfirmasi kesediaan mereka untuk melanjutkan dialog dengan Washington.

    Ini merupakan lawatan internasional perdana Taliban usai berakhirnya dialog damai dengan AS. Tim delegasi Taliban ini dipimpin Mullah Sher Mohammad Stanikzai.

    "Kunjungna ini adalah perkembangan positif, karena menunjukkan bahwa Taliban tetap tertarik pada jalur dialog, bahkan setelah Presiden Donald Trump menyudahinya," kata Michael Kugelman, wakil direktur Program Asia dari organisasi Wilson Center di Washington.

    "Merupakan hal mengejutkan bahwa Taliban memilih menyampaikan pesan rekonsiliasinya ini kepada Moskow, rival utama AS," lanjutnya.

    Akhir pekan lalu, Trump mengaku telah membatalkan pertemuan rahasia dengan Taliban, yang awalnya untuk membicarakan mengenai finalisasi perjanjian damai. Pertemuan itu dijadwalkan digelar di Camp David.

    Inti dari perjanjian damai adalah penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Sebagai gantinya, Taliban berjanji akan memberikan jaminan keamanan di Afghanistan.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id