Lokasi Kecelakaan Nuklir di Rusia Dibersihkan dari Radiasi

    Arpan Rahman - 26 September 2019 19:10 WIB
    Lokasi Kecelakaan Nuklir di Rusia Dibersihkan dari Radiasi
    Ledakan rudal jelajah yang terjadi di Nenoska, Rusia Agustus 2019 lalu. Foto: EPA
    Nenoska: Para kru mulai membersihkan lokasi kecelakaan nuklir di Rusia musim panas ini. Insiden itu menewaskan tujuh orang dan menyebabkan pelepasan radiasi singkat ke atmosfer.

    Helikopter, ekskavator tanah, dan awak yang mengenakan jas hazmat telah bekerja di lokasi di Nenoska, di barat laut Rusia, sejak akhir pekan lalu. Foto-foto satelit Amerika Serikat (AS) menunjukkan keberadaan rudal jelajah bertenaga nuklir di dasar Laut Putih saat ledakan 8 Agustus.

    Rudal itu diyakini sebagai SSC-X-9 Skyfall -- sebuah misil eksperimental bertenaga nuklir dengan jangkauan tak terbatas -- dan pihak berwenang percaya Rusia berusaha menyelamatkan senjata tersebut ketika kecelakaan itu terjadi.

    Dinukil dari UPI, Kamis, 26 September 2019, sebuah video dari kantor berita Rusia menunjukkan sebuah kendaraan penggali yang menyimpan besi tua ke dalam sebuah kontainer, yang kemudian dipindahkan dengan helikopter. Rekaman menunjukkan kru di atas kapal tongkang memegang wadah mengenakan peralatan pelindung.

    Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kecelakaan itu terjadi saat uji coba sistem senjata baru.

    Latar belakang tingkat radiasi naik sebanyak 16 kali lebih tinggi dari normal setelah kecelakaan. Empat stasiun pemantauan Rusia tidak memberikan data pada hari-hari setelah ledakan. Dokter setempat mengatakan mereka tidak menangani pasien dengan keracunan radiasi.

    Ledakan Nenoska menjadi yang kedua bagi Rusia hanya dalam tiga hari. Ledakan di sebuah depot militer Rusia dekat Achinsk pada 5 Agustus mendorong ribuan orang untuk mengungsi di Kamenka.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id