comscore

Hanya 14 Persen Air Sungai di Inggris Masuk Standar Ekologi

MetroTV - 16 Januari 2022 07:56 WIB
Hanya 14 Persen Air Sungai di Inggris Masuk Standar Ekologi
Sebagian besar sungai di Inggris terkontaminasi. Foto: Dok/Metro TV
Jakarta: Penelitian terbaru di Inggris menunjukkan, hanya 14 persen sungai di Inggris masuk ke dalam standar ekologi yang baik. Hal ini terjadi karena mayoritas air sungai di Inggris telah tekontaminasi dengan polusi yang disebut chemical cocktail.

Anggota Parlemen Inggris sekaligus Kepala Komite Audit Lingkungan Philip Dunne menyebutkan, masalah ini telah diabaikan terlalu lama.
"Sayang sekali dalam 60 tahun terakhir, karena sistem drainase dan saluran pembuangan berada di bawah tanah dan tidak terlihat. Kita tidak berinvestasi di masalahan permasalahan air untuk mengatasi apa yang bisa terjadi di atas tanah," tutur Philip.

Departemen Penelitian Lingkungan Universitas Manchester Jamie Woodward pernah mengambil sampel air di sungai Thames, Inggris. Ia meyakini bahwa air yang terkontaminasi berasal dari pengolahan limbah dan mengalir ke sungai.

“Hal itu kemudian diperparah oleh udara kering dan aliran yang lambat. Sehingga mikroplastik terakumulasi dan menjadi polusi yang tidak tampak,” kata presenter Metro TV, Kevin Egan, dalam tayangan program Metro Siang, Sabtu, 15 Januari 2022.

Berdasarkan laporan Komite Audit Lingkungan Inggris, pada 13 Januari 2022 seluruh sungai Inggris telah terkontaminasi dengan polusi yang disebut sebagai chemical cocktail. Artinya meskipun air terlihat bersih namun, sebenarnya sangat berbahaya untuk kesehatan. (Monique Handa Shafira)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id