Serangan Teror Digagalkan, Putin Ucap Terima Kasih ke Trump

    Fajar Nugraha - 30 Desember 2019 16:09 WIB
    Serangan Teror Digagalkan, Putin Ucap Terima Kasih ke Trump
    Presiden Rusia Vladimir Putin bersama dengan Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan G20 di Osaka, Jepang, Oktober 2019. Foto: AFP
    Moskow: Rusia mengatakan pihaknya berhasil menggagalkan serangan terorisme yang dilaporkan direncanakan di St Petersburg. Rasa terima kasih Rusia disampaikan untuk Amerika Serikat (AS).

    Ada alasan tersendiri mengapa Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan terima kasih kepada Presiden AS Donald Trump. Menurutnya, gagalnya serangan teroris itu merupakan berkat informasi yang diterima dari Washington.

    Kantor-kantor berita Rusia mengutip Layanan Keamanan Federal (FSB) yang mengatakan bahwa berkat informasi itu, dua orang Rusia ditahan pada 27 Desember. Keduanya dicurigai merencanakan serangan selama perayaan Tahun Baru di St Petersburg.

    “Kremlin mengatakan Putin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Trump selama panggilan telepon kemarin untuk tip dari layanan khusus AS.  Tetapi pihak Kremlin tidak memberikan rincian lebih lanjut,” dilaporkan Malay Mail, Senin, 30 Desember 2019.

    Hubungan diplomatik antara Washington dan Moskow hingga saat ini penuh dengan perselisihan. Mulai dari Ukraina hingga Suriah dan tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan Presiden AS. Tetapi Trump dan Putin berhasil menjaga jalur pribadi tetap terbuka.

    Dua tahun lalu, pemimpin Rusia itu juga menelepon Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi yang menurut Rusia membantu mencegah serangan bom di sebuah katedral di St Petersburg. Rusia telah berulang kali menjadi sasaran serangan oleh kelompok-kelompok militan termasuk Islamic State (ISIS).

    Pernyataan Kremlin kemarin mengatakan Putin dan Trump setuju untuk melanjutkan kerja sama bilateral untuk mengatasi terorisme.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id