British Airways Batalkan Hampir Semua Penerbangan di Inggris

    Arpan Rahman - 09 September 2019 15:03 WIB
    British Airways Batalkan Hampir Semua Penerbangan di Inggris
    Pesawat maskapai British Airways di London, 3 Juni 2019. (Foto: AFP/AAMIR QURESHI)
    London: Makskapai British Airways (BA) mengaku terpaksa membatalkan hampir semua penerbangannya dari sejumlah bandara di Inggris. Pembatalan dilakukan di hari pertama aksi mogok kerja asosiasi pilot Inggris, Senin 9 September 2019.

    "Setelah berbulan-bulan mencoba menyelesaikan masalah gaji (pilot), kami memohon maaf kepada semua penumpang atas ketidaknyamanan ini," ujar BA dalam pernyataan resmi, dinukil dari AFP.

    BA mengaku siap bernegosiasi kembali dengan Asosiasi Pilot British Airline (BALPA). "Sayangnya, karena BALPA tidak memberikan detail mengenai unjuk rasa, kami tidak dapat memprediksi pilot mana saja yang akan bekerja atau ikut aksi mogok," sebut BA.

    "Kami tidak memiliki pilihan lain selain membatalkan hampir 100 persen dari jadwal penerbangan," lanjutnya.

    Isu gaji pilot diakui BA telah dinegosiasikan dengan BALPA sejak sembilan bulan terakhir. Aksi mogok kerja ini diestimasi merugikan hampir 300 ribu pelanggan BA.

    BALPA berencana melanjutkan aksi mogok hingga Selasa 10 September besok. Mereka bahkan mengancam aksi lanjutan pada 27 September, dan tidak menutup kemungkinan saat musim liburan musim dingin.

    Sejauh ini, BALPA menolak penaikan gaji sebesar 11,5 persen dalam kurun waktu tiga tahun yang telah ditawarkan BA pada Juli lalu. BA menyebut tawaran itu akan membuat seorang kapten pesawat dapat menikmati gaji serta manfaat "kelas dunia" senilai GBP200.000 (setara Rp3,4 miliar) setahun.

    Tidak hanya itu, BA juga mengatakan bahwa dua serikat lainnya yang meliputi 90 persen dari total staf maskapai, telah menerima penaikan gaji sebesar 11,5 persen.

    Namun BALPA menyebut gaji rata-rata kopilot hanya sekitar GBP70 ribu (Rp1,2 miliar) dan pendapatan untuk level yang lebih rendah hanya GBP26 ribu (sekitar Rp448 juta).

    Menurut BALPA, BA tidak pernah membalas tawaran gaji versi pilot yang telah dilayangkan pada Rabu pekan kemarin.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id