PM Modi Sebut Hubungan India dengan Rusia Istimewa

    Medcom - 04 September 2019 15:11 WIB
    PM Modi Sebut Hubungan India dengan Rusia Istimewa
    PM India Narendra Modi (kiri) bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok, Rabu 4 September 2019. (Foto: AFP/POOL/ALEXANDER NEMENOV)
    Vladivostok: Perdana Menteri India Narendra Modi disambut hangat Presiden Vladimir Putin saat dirinya menginjakkan kaki di Rusia, Rabu 4 September 2019. PM Modi datang untuk bertemu Putin dan juga menghadiri Forum Ekonomi Timur yang berlangsung selama tiga hari.

    PM Modi dan Putin bersama-sama berkeliling di atas sebuah kapal perang milik Rusia. Forum Ekonomi Timur telah digelar di kota Vladivostok pada setiap tahunnya sejak 2015. Forum ini bertujuan memperkuat kerja sama antara Rusia dan beberapa negara Asia lain.

    PM Jepang Shinzo Abe juga datang ke Rusia, bersama Presiden Mongolia Khaltmaa Battulga dan PM Malaysia Mahathir Mohamad. Namun Putin lebih banyak menghabiskan waktu bersama PM Modi, yang mengklaim hubungan istimewa antara India dan Rusia.

    "Hubungan kami memiliki sesuatu yang istimewa," kata PM Modi kepada surat kabar Rossiyskaya Gazeta, dikutip dari AFP.

    "Dalam setiap pertemuan dengan Presiden Putin, kami semakin dekat dan hubungan kedua negara juga terus berkembang," lanjutnya.

    Modi juga menyebut hubungan kedua negara bahkan meluas hingga ke lingkungan hidup. "Pada setiap tahunnya, burung bangau Siberia selalu bermigrasi ke kampung halaman saya di Gujarat," ungkap PM Modi.

    Dalam kunjungan ini, PM Modi berencana membicarakan isu konservasi harimau bersama Putin, presiden yang menyukai spesies kucing-kucing besar.

    India adalah klien utama industri senjata Rusia, dan Moskow akan berusaha mendorong tercapainya perjanjian baru dengan New Delhi tahun ini.

    Menjelang kunjungan PM Modi, ajudan kebijakan luar negeri Rusia Yury Ushakov mengatakan bahwa "meningkatkan investasi" dan "kerja sama energi" akan menjadi dua agenda utama dalam diskusi antar kedua pemimpin.

    Perdagangan antar India dan Rusia telah mencapai nilai sekitar USD11 miliar atau setara Rp155 triliun pada 2018.

    Penulis: Rifqi Akbar



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id