OPCW Konfirmasi Penggunaan Klorin di Suriah

Marcheilla Ariesta - 16 Mei 2018 18:30 wib
Kondisi di Suriah. (Foto: AFP).
Kondisi di Suriah. (Foto: AFP).

Den Haag: Lembaga pengawas senjata kimia dunia (Organization Prohibition of Chemical Weapons/ OPCW) menegaskan bahwa klorin digunakan di sebuah kota di Suriah. Insiden tersebut menyebabkan banyak warga Suriah tewas dan sisanya mengalami gangguan pernapasan.

"Adanya dua silinder yang mengandung klorin. Dan dari hasil penemuan di lokasi, terdapat paparan klorin di lingkungan tersebut," kata OPCW dalam pernyataan, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu 16 Mei 2018.

Tim juga mewawancarai para saksi dan menemukan sejumlah pasien di fasilitas medis, tidak lama setelah insiden menunjukkan gejala terpapar klorin.

"Saya sangat mengutuk penggunaan bahan kimia beracun sebagai senjata oleh siapa pun, alasan apa pun dan dalam keadaan apa pun," kata kepala OPCW, Ahmet Uzumcu.

"Tindakan seperti itu bertentangan dengan larangan tegas terhadap senjata kimia," imbuhnya.

Hasil OPCW secara resmi akan dikeluarkan pada akhir Mei mendatang.

OPCW melakukan penelitian di wilayah Douma, Suriah yang diserang menggunakan senjata kimia oleh pemerintah Suriah. Namun hal ini dibantah oleh pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Bashar al-Assad.

Serangan Douma memicu gelombang serangan rudal ke beberapa basis militer yang diduga sebagai fasilitas senjata kimia di Suriah. Serangan dilakukan koalisi Amerika Serikat (AS), Inggris dan Prancis.


(FJR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.