Kapal Pembawa 14.600 Domba Tenggelam di Rumania

    Willy Haryono - 25 November 2019 08:00 WIB
    Kapal Pembawa 14.600 Domba Tenggelam di Rumania
    Sebuah kapal bernama Queen Hind separuh tenggelam di perairan Rumania, Minggu 24 November 2019. (Foto: AFP/Igsu Romania)

    Midia: Sebuah kapal kargo pembawa 14.600 ekor domba tenggelam di Laut Hitam lepas pantai Rumania, Minggu 24 November 2019. Kapal bernama Queen Hind tujuan Arab Saudi itu tenggelam tak lama usai meninggalkan pelabuhan Midia di Rumania.

    Kru kapal yang terdiri dari 20 warga Suriah dan satu Lebanon berhasil diselamatkan petugas. Dari 14.600 domba, baru 32 ekor yang berhasil diselamatkan -- dua harus ditarik langsung dari laut.


    "Operasi penyelamatan masih berlangsung. Kami berharap domba-domba di dalam kargo kapal masih hidup," kata juru bicara badan penyelamatan Rumania kepada kantor berita AFP.

    Ia menyebut petugas gabungan yang terdiri dari elemen militer, polisi dan penyelam berusaha menarik kapal berbendera Palau itu ke pelabuhan.

    Asosiasi eksportir hewan ternak Rumania, Acebop, menyerukan adanya investigasi mengenai tenggelamnya kapal tersebut. "Kami terkejut saat mengetahui terjadinya musibah ini," kata Presiden Acebop Mary Pana.

    "Jika kami tidak dapat melindungi hewan ternak dalam pengiriman jarak jauh, maka sebaiknya aktivitas semacam itu dilarang saja," tutur Pana.

    Gabriel Paun dari organisasi Animals International menduga kapal Queen Hind tenggelam akibat kelebihan muatan. Ia menyebut kapal itu tercatat pernah mengalami masalah mesin pada Desember tahun lalu.

    "Investigasi harus segera dimulai tanpa penundaan lebih lanjut," tegas Paun.

    Rumania, negara yang baru bergabung dengan Uni Eropa pada 2007, adalah salah satu anggota termiskin di blok tersebut. Namun Rumania adalah negara ketiga terbesar setelah Inggris dan Spanyol dalam bidang peternakan domba. Rumania juga merupakan salah satu eksportir besar hewan domba, terutama untuk pasar Timur Tengah.

    Sejumlah aktivis menyebut kapal-kapal kargo pengangkut hewan ternak yang meninggalkan pelabuhan Midia pada setiap tahunnya sebagai "kapal kematian." Mereka menyebut adanya risiko tinggi hewan ternak seperti domba "terpanggang hidup-hidup" di tengah pengiriman di musim panas.

    Juli lalu, mantan komisioner UE untuk urusan kesehatan dan keamanan makanan Vytenis Andriukaitis, meminta Rumania menghentikan pengiriman 70 ribu domba ke kawasan Teluk. Permohonan didasarkan pada alasan keselamatan hewan-hewan tersebut.

    Ia kemudian meminta Komisi Eropa untuk menginvestigasi praktik pengiriman hewan yang berlaku di Rumania.





    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id