Balon Bayi Ikut Protes ‘Bersama Melawan Trump’

    Arpan Rahman - 04 Juni 2019 15:57 WIB
    Balon Bayi Ikut Protes ‘Bersama Melawan Trump’
    Balon bayi yang menunjukkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dipajang oleh pedemo antiTrump. (Foto: AFP).
    London: Ribuan demonstran berbaris di jalan-jalan London guna memprotes kunjungan kenegaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa 4 Juni 2019.

    Pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn, yang menolak menghadiri jamuan kenegaraan pada Senin malam untuk presiden, mengatakan ia akan bergabung dengan demonstran. "Berdiri dalam solidaritas dengan mereka yang ia serang di Amerika, di seluruh dunia dan di negara kita sendiri," ujarnya, dikutip dari Guardian, Selasa 4 Juni 2019.

    Polisi dan operasi keamanan besar-besaran sedang berlangsung pada Selasa pagi. Para pengunjuk rasa dilarang berdemonstrasi langsung di luar Downing Street dan jalan di tempat itu ditutup.

    Penyelenggara protes ‘Together Against Trump’ menyebut hari itu sebagai ‘karnaval perlawanan’. Demonstran berkumpul di Trafalgar Square dari pukul 11.00 waktu setempat untuk memproklamirkan ‘zona bebas Trump’.

    Juga akan terlihat balon tiup raksasa berwarna oranye bergambar sosok bayi Trump mengudara lagi setelah pemiliknya mencapai target penggalangan dana dan izin diberikan oleh Otoritas London Raya.

    Panitia berencana menerbangkan balon udara setinggi 6 meter selama dua jam mulai pukul 10:00 di atas Trafalgar Square. Robot Trump yang duduk di toilet emas juga diperkirakan tampil.

    Para pengunjuk rasa, termasuk Handmaids Against Trump -- grup wanita yang akan mengenakan jubah merah dengan tudung putih sebagai penghormatan kepada novel dystopian Margaret Atwood tentang tindakan keras terhadap hak-hak reproduksi. Aktivis perubahan iklim, pelajar, pasifis, anggota serikat pekerja, dan keluarga mereka juga akan berkumpul.

    Diane Abbott dan Emily Thornberry dari Partai Buruh mengonfirmasikehadiran mereka. Sementara Partai Demokrat Liberal dan Partai Hijau meminta publik untuk bergabung dengan mereka.

    Demonstran tidak akan diizinkan berbaris melewati Downing Street karena sebagian dari Whitehall akan ditutup, Polisi Metropolitan sudah mengkonfirmasi. Penyelenggara awalnya berencana berdemonstrasi di luar pintu masuk Downing Street ketika Trump mengadakan pembicaraan di No 10 (kantor Perdana Menteri Inggris).

    Scotland Yard mengatakan: "Para pengunjuk rasa tidak akan berbaris melewati Downing Street kapan pun."

    Sekitar 250.000 aktivis anti-Trump berkumpul ketika ia terbang ke Inggris pada 13 Juli tahun lalu buat kunjungan pertamanya sebagai Presiden AS. Di tempat lain di seluruh Inggris, protes juga direncanakan disejumlah kota seperti Birmingham, Stoke, Sheffield, Glasgow, Edinburgh, Chester, Leicester, Oxford, dan Exeter.
     



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id