comscore

Paus Fransiskus Kritik Pasangan yang Pilih Pelihara Hewan Daripada Punya Anak

Marcheilla Ariesta - 06 Januari 2022 15:05 WIB
Paus Fransiskus Kritik Pasangan yang Pilih Pelihara Hewan Daripada Punya Anak
Paus Fransiskus. Foto: AFP
Vatikan: Paus Fransiskus mengkritik pasangan yang lebih memilih memiliki hewan peliharaan dibanding mempunyai anak. Ia mengatakan, keputusan tersebut egois.

Menurut Paus, keputusan para pasangan menikah tidak menjadi orang tua menyebabkan hilangnya 'kemanusiaan' yang berujung pada merugikan peradaban.
Paus berkomentar seperti itu ketika berbicara kepada khalayak umum tentang Santo Joseph (Yusuf), ayah duniawi Yesus (Nabi Isa).

Fransiskus memuji keputusan Joseph untuk mengangkat Yesus sebagai "salah satu bentuk cinta tertinggi" ketika dia beralih ke topik adopsi dan anak yatim piatu.  Dia kemudian mengalihkan fokusnya pada pasangan yang memilih hewan daripada anak-anak.

"Kami melihat bahwa orang tidak ingin memiliki anak, atau hanya satu dan tidak lebih," katanya, dilansir dari CNN, Kamis, 6 Januari 2022.

"Banyak pasangan tidak memiliki anak karena mereka tidak ingin, atau mereka hanya memiliki satu, tetapi mereka memiliki dua anjing, dua kucing. Ya, anjing dan kucing menggantikan anak-anak," lanjut Paus. 

Menurutnya, keputusan tersebut menolak sifat kebapakan atau keibuan dan menghilangkan kemanusiaan.

"Dan dengan cara ini peradaban menjadi tua dan tanpa kemanusiaan, karena kehilangan kekayaan kebapaan dan keibuan, kemanusiaan. Dan tanah air kita menderita, karena tidak memiliki anak," ujar dia.

Pernyataan Paus menggemakan ajaran Gereja Katolik tentang pentingnya pasangan untuk melahirkan atau membesarkan anak - dan konsekuensi demografis potensial dari tidak melakukannya.

Fransiskus mengatakan, pasangan yang tidak dapat memiliki anak secara biologis harus mempertimbangkan adopsi.

"Berapa banyak anak di dunia yang menunggu seseorang untuk merawat mereka," kata Fransiskus. 

"Memiliki anak selalu merupakan risiko, baik secara alami atau melalui adopsi. Tetapi lebih berisiko untuk tidak memilikinya. Lebih berisiko untuk menyangkal peran sebagai ayah, atau menyangkal peran sebagai ibu, baik itu nyata atau spiritual," lanjut dia.

Fransiskus telah memiliki beberapa kasus yang berhubungan dengan binatang selama kepausannya.  Dia membuat pernyataan serupa tentang pasangan yang memprioritaskan hewan peliharaan pada 2014.

Komentar yang dia buat pada 2016 ditafsirkan sebagai pernyataan bahwa hewan pergi ke surga, tetapi analisis itu kemudian dipertanyakan.

Meski demikian, Paus tetap memiliki foto dengan banyak hewan selama bertahun-tahun.  Dia terlihat membelai anjing, koala dan harimau, memegang burung dan membawa domba di pundaknya.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id