Lima Negara Jadi Anggota Baru DK PBB

    Willy Haryono - 13 Juni 2021 12:23 WIB
    Lima Negara Jadi Anggota Baru DK PBB
    Sebuah sesi di Dewan Keamanan PBB di New York, AS. (AFP)



    New York: Albania, Brasil, Gabon, Ghana, dan Uni Emirat Arab terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk periode 2022-2023. Dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada Jumat kemarin, Ghana meraih 185 suara, Gabon 183, UEA 179, Albania 175, dan Brasil 181.

    Republik Demokratik Kongo (RD Kongo) meraih tiga suara, sementara Peru dan Iran masing-masing satu.

     



    DK PBB adalah organisasi dengan 15 anggota, lima di antaranya bersifat permanen dan memiliki hak veto: Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Rusia, dan Tiongkok.

    Baca:  Iran Dapatkan Kembali Hak Voting di Majelis Umum PBB

    Dilansir dari laman Eurasia Review pada Minggu, 13 Juni 2021, lima negara baru yang terpilih akan bergabung bersama India, Irlandia, Kenya, Meksiko, dan Norwegia sebagai anggota tidak tetap DK PBB.

    Sebelum pemungutan suara di Majelis Umum PBB, UEA mengeluarkan pernyataan yang isinya adalah janji menjadi "mitra konstruktif" dalam menangani berbagai "tantangan kritis," termasuk kesetaraan gender, melawan terorisme dan ekstremisme, serta mendorong inovasi perdamaian.

    Sebagian besar kandidat anggota tidak tetap DK PBB tak mendapat penentangan dari kawasan masing-masing, kecuali Gabon dan Ghana yang sempat ditentang oleh RD Kongo.

    Kelima anggota baru tidak tetap DK PBB akan memulai masa jabatan mereka pada 1 Januari 2022, dan bertugas hingga 31 Desember 2023.

    Albania belum pernah satu kali pun masuk ke kursi DK PBB. Sementara Brasil sudah pernah menjabat sebanyak 10 kali, Gabon dan Ghana tiga kali, sementara UEA satu kali.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id