Kewalahan Tangani Imigran, Turki Buka Perbatasan ke Eropa

    Willy Haryono - 29 Februari 2020 20:03 WIB
    Kewalahan Tangani Imigran, Turki Buka Perbatasan ke Eropa
    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: AFP)
    Istanbul: Presiden Recep Tayyip Erdogan bertekad akan terus membuka pintu perbatasan dari Turki ke Eropa untuk membukakan jalan bagi para imigran. Erdogan mengaku langkah ini dilakukan karena Turki sudah tidak mampu lagi menangani gelombang imigran asal Suriah.

    "Apa yang kami lakukan kemarin (Jumat)? Kami membuka pintu (perbatasan)," ucap Erdogan di Istanbul. Ini merupakan pernyataan perdana Erdogan usai 33 personel militer Turki tewas dalam serangan di Suriah utara.

    "Kami tidak akan menutup pintu-pintu tersebut. Kenapa? Karena Uni Eropa harus memenuhi janji mereka," lanjutnya, seperti dilansir dari AFP, Sabtu 29 Februari 2020. Erdogan merujuk pada perjanjian yang disepakati antara Turki dan UE mengenai imigran.

    Erdogan mengatakan sekitar 18 ribu imigran telah berkumpul di wilayah Turki yang berada dekat perbatasan Eropa sejak Jumat kemarin. Ia mengestimasi jumlah tersebut dapat bertambah hingga 30 ribu pada Sabtu ini.

    Sementara itu di Yunani, otoritas setempat mengaku sedang memblokade ribuan imigran yang menyeberang secara "ilegal" dari Turki. 

    "Yunani berhasil bertahan di tengah serangan massal ilegal di wilayah perbatasan," kata juru bicara pemerintah, Stelios Petsas usai melakukan rapat darurat dengan Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis.

    "Kami telah menghalau lebih dari 4.000 upaya masuk secara ilegal," lanjutnya.

    Bentrokan terjadi antara kepolisian Yunani dan imigran di wilayah perbatasan. Kondisi ini diperkirakan akan terus berlanjut karena Turki masih membukakan pintu bagi para imigran dari Suriah.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id