Layanan Drive-thru Tes Virus Korona Mulai Muncul di AS

    Fajar Nugraha - 19 Maret 2020 07:55 WIB
    Layanan <i>Drive-thru</i> Tes Virus Korona Mulai Muncul di AS
    Warga AS menggunakan masker sebagai pencegahan terhadap wabah virus korona. Foto: AFP
    Connecticut: Situs pengujian virus korona drive-thru atau layanan sendiri mulai bermunculan di seluruh Amerika Serikat (AS). Tetapi hanya sedikit yang ada di toko ritel besar, padahal mereka berjanji pekan lalu untuk menyediakan tempat parkir untuk layanan itu.

    Pada Rabu 18 Maret, banyak warga Amerika yang dicurigai menderita infeksi virus korona pergi ke tempat pengujian drive-thru di rumah sakit, dengan rujukan dokter mereka. Mereka disambut oleh petugas kesehatan dengan alat pelindung, mengusap hidung mereka melalui jendela yang terbuka

    Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengujian, kekurangan yang telah menjadi hambatan utama untuk memahami tingkat pandemi di Negeri Paman Sam. Selain juga mengurangi tekanan pada ruang gawat darurat dan menjaga pasien di dalam mobil untuk menghindari penyebaran infeksi.

    Pengecer AS terkemuka, seperti Walmart Inc, Target Corp, Walgreens Boots Alliance dan CVS Health Corp berjanji pada konferensi pers Gedung Putih Jumat lalu untuk menyediakan ruang bagi situs drive-thru di tempat parkir mereka.

    Laksamana Brett Giroir dari Komisi Kesehatan Masyarakat AS mengatakan kepada para wartawan di Washington pada Selasa bahwa pusat-pusat pengujian ‘mulai muncul di seluruh negara.’ Namun dia menambahkan inisiatif tersebut telah menghadapi beberapa tantangan awal.

    Komisi kesehatan masyarakat ‘benar-benar mendorong peralatan’ ke 47 pusat di selusin negara bagian, setelah melakukan uji coba pada Senin dengan staf kesehatan masyarakat dengan alat pelindung. Sekitar 140 staf kesehatan masyarakat AS akan dikerahkan ke lokasi bersama dengan petugas kesehatan negara.

    "Kami memiliki banyak kekuatan dalam sistem, seperti yang Anda harapkan. Itu sebabnya kami melakukan tes sebelum ke lapangan. Mereka akan disesuaikan dengan keadaan dan situasi setempat, tapi kami sangat yakin bahwa ini akan menambah pengujian pada sistem perawatan kesehatan yang sudah sangat kuat,” tegas Giroir, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis, 19 Maret 2020.

    Juru bicara CVS TJ Crawford mengatakan, rantai farmasi sedang mempersiapkan minggu ini untuk meluncurkan pengujian drive-thru di tempat parkir farmasi CVS, Shrewsbury, Massachusetts.

    Crawford menambahkan, pengujian awal akan terbatas pada responden pertama dan profesional perawatan kesehatan lokal yang berada di garis depan mengobati virus dan mencegah penyebarannya.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id