WHO Minta Komunitas Global 'Bangun' dan Hadapi Covid-19

    Marcheilla Ariesta - 04 Juli 2020 15:02 WIB
    WHO Minta Komunitas Global 'Bangun' dan Hadapi Covid-19
    Direktur Urusan Darurat WHO Michael Ryan. (Foto: AFP)
    Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendesak pemimpin negara-negara global yang menghadapi wabah virus korona (covid-19) untuk "bangun" dan melihat kenyataan di lapangan. Mereka diminta bersatu dan mengatasi situasi terkini, bukan berdebat mengenai asal muasal virus.

    "Orang-orang perlu 'bangun.' Data tidak berbohong. Situasi yang terjadi di lapangan bukan kebohongan," kata Direktur Urusan Darurat WHO Michael Ryan dikutip dari The Straits Times, Sabtu 4 Juli 2020.

    Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 11 juta warga dunia. Sebanyak 524.577 orang meninggal akibat virus yang pertama kali ditemukan di Tiongkok akhir tahun lalu itu.

    Benua Amerika adalah wilayah yang paling terpukul wabah ini. Sebagian besar kasus dan kematian tercatat di AS, diikuti beberapa negara di Amerika Latin.

    Ryan memperingatkan, saat ini ada terlalu banyak negara yang mengabaikan data infeksi covid-19 di wilayah mereka masing-masing.

    "Ada alasan ekonomi di balik dibukanya lockdown, dan ini bisa dimengerti. Namun, Anda tidak bisa mengabaikan masalahnya juga, (covid-19) tidak akan hilang secara ajaib," tegasnya.

    Ia menyadari ada beberapa negara yang tengah berjuang untuk mengambil pilihan tak biasa dalam menghadapi pandemi covid-19. Ia mengatakan tidak pernah ada kata terlambat untuk mengambil kendali dari pandemi covid-19 saat ini

    Ryan menyarankan negara-negara dunia bersatu menghadapi covid-19 dengan menegakkan imbauan menjaga jarak sosial (social distancing), menjaga kebersihan, mengisolasi kasus, melakukan pengujian, dan melacak kontak.

    "Jika negara-negara terus membuka kembali perekonomian mereka tanpa memerhatikan kapasitas untuk mengatasi beban kasus (covid-19), maka skenario terburuk dikhawatirkan dapat terjadi," ujar Ryan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id