Sisa BBM Diduga Memicu Apple Fire di California

    Fajar Nugraha - 04 Agustus 2020 16:26 WIB
    Sisa BBM Diduga Memicu <i>Apple Fire</i> di California
    Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat yang sudah menghanguskan 20 ribu hektar. Foto: AFP
    Los Angeles: Kebakaran hutan California yang menghanguskan dahan kering dan kayu di sebelah timur Los Angeles, memaksa ribuan orang meninggalkan rumah mereka. Para penyelidik mengatakan, kebakaran kemungkinan dipicu oleh pembakaran sisa bahan bakar dari knalpot truk diesel.

    Baca: Kebakaran Hutan California Hanguskan 8.000 Hektare Lahan.

    Kebakaran yang dijuluki Apple Fire, telah menghanguskan lebih dari 26.000 hektar sejak merebak Jumat 31 Juli 2020 lalu di komunitas Riverside County di Cherry Valley, sekitar 120 kilometer timur Los Angeles. Hanya 5 persen api yang berhasil diatasi pada  Senin 3 Juli.

    “Insiden kebakaran telah memberikan ancaman langsung bagi sekitar 2.400 rumah. Insiden ini mendorong evakuasi terhadap sekitar 7.800 penduduk,” kata kapten Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten Riverside  Fernando Herrera, seperti dikutip AFP, Selasa 4 Juli 2020.

    “Satu rumah dan dua bangunan di luar dihancurkan,” ucap Juru Bicara Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California (CalFire) itu.

    Pejabat CalFire mengatakan, berdasarkan bukti fisik dan keterangan beberapa saksi mata, kebakaran itu diakibatkan oleh "kerusakan kendaraan, khususnya, kendaraan berbahan bakar diesel yang mengeluarkan karbon yang terbakar dari sistem pembuangan”.

    “Partikel-partikel dari kendaraan tak dikenal itu menyulut rumput kering di sepanjang tepi jalan yang tumbuh menjadi api yang lebih besar,” tutur Herrera.

    Sementara Juru Bicara Dinas Kehutanan AS David Cruz mengatakan, pada Senin, nyala api telah menyebar terutama ke timur dan utara ke hutan belantara Taman Nasional San Bernardino. Api saat ini telah menjauh dari daerah padat penduduk.

    “Tetapi semua perintah evakuasi tetap berlaku,” tegas Cruz.

    Hampir 2.300 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan Apple Fire, yang terbakar di daerah yang tidak memiliki riwayat kebakaran hutan. Kebakaran itu terutama didorong oleh rekor kadar air rendah di vegetasi yang terbakar.

    Baca: Petugas Kewalahan Padamkan Apple Fire di AS.

    Apple Fire adalah yang paling serius dari setidaknya 18 kobaran api aktif di California pada Senin. Tahun ini, kebakaran hutan California telah membakar sekitar 204.000 hektar, dibandingkan dengan 46.000 hektar yang dihitamkan selama periode yang sama pada tahun 2019, catatan negara menunjukkan.

    Para ilmuwan menunjuk pada kekeringan yang panjang dan rentang panas ekstrem yang lebih lama dari biasanya sebagai bukti perubahan iklim. Kondisi ini yang semakin meningkatkan dan memperpanjang musim kebakaran di seluruh Amerika Serikat bagian Barat dalam beberapa tahun terakhir.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id