comscore

Turki Sambut Baik Pencabutan Embargo Ekspor Senjata dari Finlandia dan Swedia

Medcom - 27 Mei 2022 18:00 WIB
Turki Sambut Baik Pencabutan Embargo Ekspor Senjata dari Finlandia dan Swedia
Juru bicara Presiden Turki Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin. (AFP)
Istanbul: Juru bicara Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Rabu, 25 Mei 2022 mengatakan, pihaknya melihat sikap positif terkait pencabutan embargo ekspor senjata dalam pembicaraan bersama dua negara yang mengajukan keanggotaan NATO, Finlandia dan Swedia.

"Kami melihat sikap positif terhadap pencabutan embargo produk industri pertahanan selama pertemuan ini. Ini perkembangan yang menggembirakan," kata Ibrahim Kalin, dilansir dari Yahoo News, Jumat, 27 Mei 2022.
Swedia dan Finlandia melarang ekspor senjata ke Turki setelah serangan Suriah terhadap milisi YPG Kurdi Suriah. Ankara menganggap kelompok itu serupa dengan PKK.

Dalam konferensi pers setelah pembicaraan, Kalin juga menyebut bahwa kekhawatiran dan ekspektasi Turki terkait terorisme dan langkah konkret untuk menanganinya sudah disampaikan kepada perwakilan kedua negara.

Diketahui Finlandia dan Swedia secara resmi mengajukan permohonan keanggotaan NATO pada Rabu, 18 Mei 2022, menyusul invasi Rusia terhadap Ukraina.

Turki mengejutkan sekutu NATO pekan lalu lantaran menolak permohonan tersebut dengan mengatakan kedua negara melindungi orang-orang yang memiliki keterkaitan dengan kelompok militan Partai Buruh Kurdistan (PKK) dan pengikut Fethullah Gulen, yang dituduh Ankara menyelenggarakan percobaan kudeta 2016.

Baca:  Erdogan Desak Sekutu Hormati Kekhawatiran atas Finlandia-Swedia Gabung Nato

Semua dari 30 negara NATO harus memberikan persetujuan sebelum anggota baru bisa masuk dan memperoleh jaminan keamanan.

Pada tahun 2019, Ankara hanya mendapatkan sedikit dukungan internasional atas rencananya untuk membangun zona aman di Suriah utara, termasuk di antaranya rencana menempatkan sejuta warga Suriah di bagian timur laut Suriah yang direbut Turki dan sekutu pemberontak dari YPG. (Kaylina Ivani)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id