comscore

Biden Peringatkan Rusia, Setiap Gerakan ke Ukraina Dianggap sebagai Invasi

Fajar Nugraha - 21 Januari 2022 10:00 WIB
Biden Peringatkan Rusia, Setiap Gerakan ke Ukraina Dianggap sebagai Invasi
Presiden AS Joe Biden kembali keluarkan peringatan ke Rusia. Foto: AFP
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan bahwa dia telah menjelaskan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa setiap gerakan Rusia ke Ukraina akan dianggap sebagai invasi. Biden menyampaikan hal tersebut setelah dia sebelumnya sekutu diduga terpecah tentang bagaimana bereaksi terhadap serangan.

"Saya sudah sangat jelas dengan Presiden Putin, dia tidak salah paham. Jika ada, unit Rusia yang berkumpul bergerak melintasi perbatasan Ukraina itu adalah invasi," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putih pada Kamis 20 Januari 2022, seperti dikutip AFP, Jumat 21 Januari 2022.
“Invasi semacam itu akan ditanggapi dengan tanggapan yang parah dan terkoordinasi. Tanggapan ekonomi seperti yang dibahas secara rinci dengan sekutu kami seperti yang dijelaskan dengan sangat jelas dengan Presiden Putin,” imbuhnya.

Baca: Giliran Rusia Tuduh Barat Lakukan Provokasi di Ukraina.

"Tetapi tidak ada keraguan, jangan ada keraguan sama sekali, bahwa jika Putin membuat pilihan ini, Rusia akan membayar harga yang mahal,” tegas Biden.

Rusia telah mengumpulkan puluhan ribu tentara di perbatasannya dengan Ukraina. Negara-negara Barat pun khawatir Moskow merencanakan serangan baru terhadap negara yang diserbunya pada 2014. TetapiRusia menyangkal hal ini.

Biden mengatakan Washington sedang mencari skenario lain.

“Rusia memiliki sejarah panjang menggunakan tindakan selain tindakan militer terbuka untuk melakukan agresi. Taktik paramiliter, yang disebut serangan zona abu-abu dan tindakan oleh tentara Rusia yang tidak mengenakan seragam Rusia,” menurut Biden.

Biden mengatakan potensi tindakan rahasia lainnya oleh Moskow termasuk serangan dunia maya serta apa yang disebutnya pengerahan "pria kecil berseragam hijau".

“Kami harus siap untuk menanggapi ini juga dengan cara yang tegas dan bersatu dengan berbagai alat yang kami miliki,” pungkas Biden.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id