Pendukung Navalny Tetap akan Berdemo Meski Berisiko Ditangkap

    Willy Haryono - 23 Januari 2021 14:32 WIB
    Pendukung Navalny Tetap akan Berdemo Meski Berisiko Ditangkap
    Alexei Navalny berfoto bersama para pendukungnya. (AFP)



    Moskow: Ratusan pendukung kritikus keras Presiden Vladimir Putin, Alexei Navalny, berencana berunjuk rasa di sejumlah kota di Rusia pada Sabtu ini, 23 Januari 2021. Unjuk rasa akan tetap digelar meski otoritas Rusia mengancam akan menangkap siapapun yang ikut serta dalam demo ilegal.

    Navalny telah ditahan usai kembali ke Moskow setelah sebelumnya dirawat di Jerman atas kasus racun syaraf Novichok. Selain Navalny, beberapa tokoh oposisi juga telah ditangkap atas tuduhan melanggar hukum.




    Dalam sebuah unggahan di Instagram, istri Navalny, Yulia, mengaku akan ikut serta dalam unjuk rasa di Moskow.

    "Bagi saya, bagi dia, bagi anak-anak kami, dan demi nilai-nilai yang kami perjuangkan," tulis Yulia, dikutip dari laman Gulf Today.

    Kubu Navalny meminta warga Rusia untuk ikut berunjuk rasa hari ini. Sebagian pendukung Navalny bahkan mengaku siap membantu membayarkan denda jika ada yang ditahan polisi.

    Di Moskow, para pendukung Navalny berencana berkumpul di Lapangan Pushkin. Dari sana, mereka akan bergerak menuju Kremlin.

    Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin menegaskan bahwa ajakan berunjuk rasa "tidak dapat diterima" karena saat ini Rusia sedang dilanda pandemi virus korona (covid-19). Ia memperingatkan bahwa kepolisian akan menangkap siapapun yang terbukti melanggar protokol kesehatan covid-19.

    Navalny, 44, mulai dikenal sekitar satu dekade lalu atas sebagai oposisi Rusia. Ia telah banyak memimpin aksi protes dalam menentang kasus korupsi dan juga kecurangan pemilihan umum.

    Tidak hanya di jalanan, Navalny juga aktif di internet dan telah merilis sejumlah investigasi terkait kekayaan segelintir elite Rusia. Ia terkena serangan racun tahun lalu, dan bahkan sempat koma walau pada akhirnya berhasil pulih.

    Oposisi menuduh perintah serangan terhadap Navalny datang dari Pemerintah Rusia. Putin dan jajarannya membantah keras tuduhan tersebut.

    Baca:  Alexei Navalny Keluar dari Rumah Sakit Jerman

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id