NYT: Trump Tidak Bayar Pajak Penghasilan Selama 10 Tahun

    Willy Haryono - 28 September 2020 10:08 WIB
    NYT: Trump Tidak Bayar Pajak Penghasilan Selama 10 Tahun
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan tidak pernah membayar pajak penghasilan federal selama 10 tahun sejak 2000. Laporan disampaikan surat kabarNew York Times (NYT) pada Minggu 27 September 2020.

    Berdasarkan laporan NYT, pajak penghasilan tidak dibayar karena Trump melaporkan kerugian signifikan yang jumlahnya jauh lebih besar dari penghasilannya.

    NYT menyebutkan bahwa pada 2016 dan satu tahun pertamanya di Gedung Putih, Trump hanya membayar pajak penghasilan federal sebesar USD750 atau setara Rp11,1 juta.

    Memaparkan detail informasi pajak selama lebih dari dua dekade, NYT memperlihatkan data-data kerugian finansial dan penghindaran pajak oleh Trump.

    Dalam sebuah konferensi pers di Gedung Putih, Trump membantah laporan NYT. Ia menegaskan membayar pajak penghasilan federal dalam jumlah "besar."

    "Saya membayar dalam jumlah besar. Saya membayar pajak penghasilan negara dalam jumlah besar," ujar Trump, dikutip dari CNN.

    Trump mengaku bersedia merilis informasi seputar laporan pajak saat dirinya sudah tidak lagi berada di bawah audit Badan Penghasilan Internal (IRS), yang ia sebut telah berperilaku buruk.

    Meski mengklaim telah membayar pajak, Trump menolak menyebutkan angka-angkanya secara detail. Ia melangkah keluar dari lokasi konferensi pers tanpa menghiraukan pernyataan spesifik dari awak media.

    Laporan NYT menggambarkan perjuangan Trump yang berusaha menjaga keberlangsungan bisnisnya. Trump disebut telah melaporkan kerugian finansial hingga jutaan dolar, meski saat itu sedang menjalankan kampanye kepresidenan untuk pilpres 2016.

    Masih dari laporan NYT, Trump menggunakan USD427,4 juta dari bayaran program "The Apprentice" untuk mendanai sejumlah bisnisnya, terutama di bidang lapangan golf. Laporan NYT juga mengungkapkan bahwa Trump berseteru dengan IRS selama bertahun-tahun.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id