Tiongkok Siap Berbicara dengan NATO Terkait Kekuatan Militer

    Willy Haryono - 02 Desember 2020 09:29 WIB
    Tiongkok Siap Berbicara dengan NATO Terkait Kekuatan Militer
    Militer Tiongkok. (AFP)
    Beijing: Tiongkok siap melanjutkan dialog dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) usai blok yang terdiri dari 30 negara itu mengidentifikasi militer Beijing sebagai ancaman. NATO memasukkan Tiongkok ke daftar tantangan dalam sebuah laporan panjang mengenai reformasi internal dirilis pada Selasa, 1 Desember 2020.

    Isi konten laporan sudah sempat disinggung Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam sebuah pidato pada Senin kemarin. Pidato disampaikan menjelang pertemuan menteri-menteri luar negeri NATO.

    "Tiongkok bukan lawan kita. Kebangkitan (militer Tiongkok) merupakan kesempatan penting bagi perekonomian dan perdagangan. Kita perlu terlibat dengan Tiongkok dalam isu-isu seperti pengendalian senjata dan perubahan iklim," ujar Stoltenberg, dilansir dari laman Al Jazeera.

    "Tapi ada juga beberapa tantangan terhadap keamanan kita semua," sambungnya.

    Menurut Stoltenberg, berbagai tantangan itu termasuk Tiongkok yang menghabiskan banyak anggaran untuk bidang pertahanan dan pengaruh global melalui proyek infrastruktur masif Belt and Road Initiative.

    Baca:  Latihan Terbesar NATO Digelar di Laut Baltik

    Selasa kemarin, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying mengatakan bahwa Beijing menyuarakan perdamaian dan keamanan global, bukan intimidasi seperti yang tersirat dalam laporan NATO.

    Ia menambahkan bahwa Tiongkok adalah korban diplomasi koersif dan mengklaim bahwa anggaran belanja per kapita Beijing lebih rendah dibanding negara-negara lain.

    "Kesamaan nilai yang Tiongkok suarakan adalah perdamaian, pertumbuhan, keadilan, demokrasi, dan kebebasan. Saya tidak tahu apakah kata-kata ini dapat dikenali oleh negara-negara NATO. Bukankah ini adalah sebuah nilai yang harus kita pegang bersama?" tanya Hua.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id