Mahkamah AS Izinkan Penyelidik Dapatkan Laporan Pajak Trump

    Willy Haryono - 23 Februari 2021 07:54 WIB
    Mahkamah AS Izinkan Penyelidik Dapatkan Laporan Pajak Trump
    Presiden ke-45 AS Donald Trump. (AFP)
    Washington: Mahkamah Agung Amerika Serikat mengizinkan penyelidik New York untuk mendapatkan laporan pajak mantan presiden AS Donald Trump. Putusan MA merupakan pukulan telak bagi Trump yang selama ini berjuang keras dalam mempertahankan laporan pajaknya dari investigasi.

    Meski terbuka untuk penyelidik, laporan pajak Trump tetap berada di bawah aturan kerahasiaan sehingga tidak akan bisa dirilis ke publik.

    Sejak investigasi dugaan 'uang tutup mulut' dan sejumlah isu lainnya terkait mencuat, Trump berkukuh bahwa surat panggilan yang dikeluarkan Jaksa Distrik Manhattan Cyrus Vance mengada-ada.

    Baca:  Trump Klaim Bayar Pajak Hingga Jutaan Dolar

    Lewat putusan terbaru MA ini, investigasi terhadap aktivitas finansial Trump tidak akan lagi mengalami hambatan. Kantor kejaksaan distrik akan mendapatkan akses laporan pajak Trump dalam beberapa hari ke depan.

    "Pekerjaan kami akan berlanjut," tulis Vance via Twitter usai MA mengeluarkan putusannya.

    Surat panggilan yang dikeluarkan Vance meliputi berbagai dokumen dari periode Januari 2011 hingga Agustus 2019. Salah satu dokumen yang menjadi perhatian adalah laporan pajak Trump.

    Beberapa dokumen itu terkait dengan mantan pengacara Trump, Michael Cohen. Dokumen itu juga menyinggung mengenai 'uang tutup mulut' yang diduga pernah diberikan Cohen kepada dua perempuan yang mengaku pernah menjalani hubungan asmara dengan Trump.

    Juli tahun lalu, Mahkamah Agung AS menolak klaim imunitas Trump terhadap surat panggilan terkait investigasi laporan pajak. Mahkamah Agung AS kala itu menyebut seorang presiden tidak memiliki hak imunitas semacam itu.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id