Inggris Buka Peluang Mahasiswa Indonesia Langsung Kerja Setelah Lulus

    Wahyu Dwi Anggoro - 05 Maret 2021 19:07 WIB
    Inggris Buka Peluang Mahasiswa Indonesia Langsung Kerja Setelah Lulus
    PM Inggris Boris Johnson pidato tentang pendidikan di Exeter College Construction Center. Foto: AFP



    Jakarta: Siswa internasional yang sudah menyelesaikan gelarnya di universitas-universitas di Inggris sekarang dapat tinggal di sana untuk bekerja atau mencari pekerjaan. Namun hal itu bisa terjadi setelah studi mereka selama dua atau tiga tahun untuk mahasiswa Doktoral.

    Pendaftaran 'Jalur Lulusan' baru ini akan dibuka pada 1 Juli 2021. Saat ini tercatat ada sekitar 500.000 siswa internasional tiap tahunnya, yang memilih untuk sekolah di Inggris, menjadikannya salah satu tujuan paling populer dan beragam bagi siswa.






    “Inggris membuat perubahan ini sebagian untuk mempertahankan siswa internasional yang tercerdas dan terbaik. Siswa Internasional akan terus berkontribusi kepada masyarakat dan ekonomi Inggris pascastudi,” sebut keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

    “Dengan berbekal pengalaman di awal karier yang mereka mulai di Inggris dan membagikan pengalaman tersebut saat mereka pulang ke negara masing-masing, para siswa ini akan membangun hubungan antara Inggris dan negara asal mereka, hal ini akan menghubungkan Inggris dengan dunia,” imbuh keterangan tersebut.

    Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengungkapkan suka citanya terhadap pengumuman ini dan mengatakan ada sekitar 3.500 warga negara Indonesia yang belajar di Inggris setiap tahunnya.

    “Kedengarannya banyak, tetapi angka ini tidak sebanding dengan jumlah pelajar dari Tiongkok yang menembus angka 100.000 dan 17.500 pelajar dari Malaysia,” sebut Dubes Jenkins, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat, 5 Maret 2021.

    Diharapkan perubahan kebijakan seperti ini dapat membantu menarik lebih banyak WNI untuk memilih belajar di Inggris.

    “Sekarang Inggris tidak hanya menawarkan pendidikan yang hebat di beberapa Universitas terbaik di dunia, dengan ribuan siswa internasional di sana. Inggris juga menawarkan kesempatan kepada para generasi muda ini untuk memulai atau melanjutkan karir mereka di Inggris,” jelas Dubes Jenkins.

    Dirinya menjelaskan pada tahun-tahun awal setelah lulus dari gelar sarjana, magister atau doktoral, mahasiswa internasional dapat mengembangkan diri mereka dengan bekerja di beberapa sektor terkemuka dunia Inggris seperti IT, FinTech, Biomedis dan Ilmu Hayati, Teknik, Konsultasi, dan lainnya.

    “Hal ini akan membangun kesempatan besar bagi hubungan Inggris dan Indonesia untuk berkembang secara luas terutama saat para WNI berbakat ini kembali ke Indonesia dan berbagi pengalaman kerja yang mereka dapatkan di Inggris,” sebut Owen.

    Bagaimana caranya?

    Sebelum mendaftarkan diri untuk ‘Jalur Lulusan’, mahasiswa internasional harus menyelesaikan kursus yang memenuhi syarat di penyedia pendidikan tinggi Inggris, dengan rekam jejak kepatuhan dan persyaratan imigrasi pemerintah Inggris. Mahasiswa yang sudah berada pada ‘Jalur Lulusan’ akan dapat bekerja atau mencari pekerjaan setelah studi mereka selesai untuk jangka waktu maksimal dua tahun, atau tiga tahun untuk mahasiswa S3.



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id