27 Penambang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Peru

    Willy Haryono - 19 Juni 2021 11:02 WIB
    27 Penambang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Peru
    Sebuah bus jatuh ke jurang di jalan Panamerican di Peru pada 21 Februari 2018. (STRINGER / AFP)



    Arequipa: Setidaknya 27 penambang tewas saat bus yang mereka tumpangi jatuh ke sebuah jurang di wilayah selatan Peru pada Jumat, 18 Juni. Perusahaan tambang Ares Mining Company mengatakan, bus tersebut sedang bertolak dari area dekat situs arkeologi Nasca Lines menuju kota Arequipa.

    Menurut laporan media lokal, bus jatuh ke jurang sedalam 400 meter dari jalan raya di area pegunungan. Jasad para korban dilaporkan tersebar di beberapa titik jurang tersebut.

     



    Seorang pejabat daerah menduga, kecelakaan tersebut diakibatkan sopir bus yang tertidur. Selain menewaskan 27 penambang, kecelakaan fatal tersebut juga melukai 16 orang lainnya.

    "Kakak saya mencoba keluar dari jendela bus dan jatuh ke bebatuan," kata seorang perempuan bernama Adriana Cruz Taipe kepada awak media.

    "Ia terluka dan tidak bisa menggerakkan tubuhnya. Kami akan memindahkannya ke Lima," sambung dia, dilansir dari laman TRT World pada Sabtu, 19 Juni 2021.

    Ares Mining Company mengatakan bahwa semua korban tewas adalah penambang. Namun seorang jaksa di kota Puquio, Jhonny Romero, korban tewas meliputi sopir bus yang mungkin tertidur saat mengemudi.

    "Lokasi kejadian adalah area yang sangat berbahaya. Tertidur (saat mengemudi) mungkin adalah penyebab terjadinya kecelakaan," tutur Romero.

    Ini merupakan kecelakaan lalu lintas fatal kedua di Peru dalam 10 hari terakhir. Kecelakaan lalu lintas di Peru biasanya diakibatkan perilaku mengemudi ugal-ugalan, buruknya kondisi jalan raya, minimnya rambu-rambu jalan, dan lemahnya penegakan aturan berkendara.

    Total 17 orang tewas pekan kemarin dalam kecelakaan bus masuk jurang di La Libertad, sekitar 500 kilometer dari ibu kota Lima.

    Berdasarkan data Kementerian Transportasi Peru, sebanyak 3.526 kecelakaan lalu lintas terjadi di seantero negeri dalam periode antara Januari dan November 2020.

    Baca:  20 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Peru

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id