Seniman Rusia Pamer Lukisan Bertema Wayang

    Marcheilla Ariesta - 27 Agustus 2020 07:10 WIB
    Seniman Rusia Pamer Lukisan Bertema Wayang
    Wakil Duta Besar RI untuk Rusia, Azis Nurwahyudi bersama Volodymyr Kyrychenko memamerkan lukisan bertema wayang. Foto: KBRI Moskow



    Moskow: Seniman muda Rusia, Volodymyr Kyrychenko memamerkan empat lukisan bertema wayang dengan sentuhan batik dalam pameran lukisan "Cat Minyak dan Akrilik' di Galeri Senin 'Want and Paint' Moskow. Lukisannya tampil mempesona di antara seratus lukisan karya 20 seniman muda Rusia.

    Masing-masing lukisan dengan ukuran sekitar 30x20 cm menampilkan keunikan tersendiri melalui sapuan cat minyak di atas kanvas yang menampilkan sosok tokoh wayang Rama dan Sinta, Arjuna, dan Cepot, dengan sapuan warna warni bernuansa batik.

     



    Keempat lukisan yang dipamerkan diberi judul 'Wayang Golek: He Loves Her', 'Arjuna', 'Whisper', dan 'Cepot'.

    Pria yang kerap disapa Vladimir Kiri ini rupanya pernah tinggal di Indonesia. Dia meneruskan pendidikan master dan bekerja di Jakarta selama sekitar dua tahun. Melalui karya seninya, Vladymyr ingin memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga Rusia.

    Wakil Duta Besar RI untuk Rusia, Azis Nurwahyudi menyampaikan apresiasinya atas lukisan-lukisan tersebut.

    "Keempat lukisan bertema wayang dan batik sangat menonjol, berkarakter dan unik di antara semua lukisan yang dipamerkan," kata Azis dalam pernyataan KBRI Moskow, Rabu, 26 Agustus 2020.

    "Teruslah aktif berkarya dan berkreasi melalui lukisan bertema sangat Indonesia, seperti wayang dan batik ini," imbuhnya.

    Para pengunjung juga kagum dengan karya seni Vladymyr. Lukisan dengan judul 'Wayang Golek: He Loves Her' yang menampilkan sosok Rama dan Shinta dalam balutan kostum batik aneka warna, mendapat apresiasi tinggi dari para pengunjung.

    Lukisan wayang golek ini memberi nuansa warna elegan dan serasi. Panitia pameran lukisan, Anastasia Zakharova mengaku sangat kagum dengan lukisan yang digantungnya tersebut.

    Sementara itu, Vladymyr berharap agar karya lukisannya memberi makna dan kesan tersendiri kepada khalayak di Rusia. "Dan turut lebih memperkenalkan budaya Indonesia," pungkasnya.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id