G7 Desak Rusia Usut Tuntas Kasus Keracunan Navalny

    Willy Haryono - 09 September 2020 08:04 WIB
    G7 Desak Rusia Usut Tuntas Kasus Keracunan Navalny
    Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny. (Foto: AFP)
    Berlin: Menteri Luar Negeri dari negara-negara anggota Group of Seven (G7) mendesak Rusia untuk segera menginvestigasi kasus keracunan yang dialami Alexei Navalny, kritikus Presiden Vladimir Putin. G7 juga mendorong Moskow untuk mencari pelaku penyerangan dan menyeretnya ke hadapan hukum.

    "Kami, menteri luar negeri G7 dari Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat serta Perwakilan Tinggi Uni Eropa, bersatu dalam mengecam keras kasus keracunan Alexei Navalny yang terkonfirmasi," ujar pernyataan gabungan G7, dilansir dari laman Anadolu Agency, Rabu 9 September 2020.

    Navalny mengerang kesakitan dalam penerbangan menuju Moskow bulan lalu. Ia sempat dirawat di sebuah rumah sakit di Siberia, sebelum akhirnya diterbangkan ke Berlin.

    Pemerintah Jerman telah menginformasikan mitra G7 bahwa "Navalny adalah korban serangan Novichok, sebuah zat beracun yang dikembangkan Rusia" di era Uni Soviet.

    G7 mengatakan penggunaan senjata kimia apapun merupakan hal yang tak dapat diterima karena bertentangan dengan norma-norma internasional.

    "Menteri luar negeri G7 menyerukan Rusia untuk segera menghadirkan transparansi mengenai pihak yang bertanggung jawab atas serangan racun ini. Kami juga meminta Rusia memegang komitmennya di bawah Konvensi Senjata Kimia untuk menyeret pelaku ke hadapan hukum," ungkap G7.

    Navalny dikenal sebagai tokoh oposisi yang vokal menyuarakan penentangan terhadap berbagai kebijakan Putin. Saat ini, pria 44 tahun itu sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit Charite di Berlin.

    Setelah sempat koma, Navalny dikabarkan sudah tersadar dan mampu merespons stimulus verbal.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id