Ribuan Pedemo di Berlin Kecam Aturan Covid-19

    Willy Haryono - 02 Agustus 2020 12:03 WIB
    Ribuan Pedemo di Berlin Kecam Aturan Covid-19
    Ribuan warga menentang pembatasan covid-19 di Berlin, Jerman, Sabtu 1 Agustus 2020. (Foto: John MacDugall/AFP)
    Berlin: Ribuan orang di Berlin, Jerman, ikut serta dalam aksi protes menentang pemberlakuan sejumlah aturan dan larangan terkait pandemi virus korona (covid-19). Sebagian demonstran menilai, salah satu aturan seperti mengenakan masker wajah merupakan sebuah pelanggaran terhadap hak dan kebebasan warga.

    Disitat dari BBC, Minggu 2 Agustus 2020, Kepolisian Berlin membubarkan aksi protes karena para pengunjuk rasa tidak menghormati protokol kesehatan covid-19.

    Jerman tidak terlalu terkena dampak parah covid-19 ketimbang beberapa negara Eropa lainnya. Namun dalam beberapa pekan terakhir, jumlah kasus covid-19 di beberapa wilayah Jerman meningkat.

    Jumat kemarin, otoritas kesehatan Jerman mencatat lebih dari 900 kasus baru covid-19 dengan tujuh kematian.

    Sekitar 20 ribu orang mengikuti aksi protes menentang pembatasan covid-19 di Berlin pada Sabtu kemarin. Pihak penyelenggara mengatakan, aksi protes ini merupakan "hari kebebasan" setelah Pemerintah Jerman memberlakukan pembatasan ketat sejak beberapa bulan terakhir.

    Sebagian demonstran terlihat membawa sejumlah spanduk, yang salah satunya bertuliskan, "kita dipaksa menggunakan masker."

    Damien McGuinness dari BBC mengatakan, sejumlah pengunjuk rasa berasal dari kelompok kanan jauh dan sebagian lainnya adalah grup penyuka teori konspirasi yang tidak percaya terhadap eksistensi covid-19.

    Namun sebagian lainnya hanyalah masyarakat biasa yang tidak setuju terhadap pendekatan Pemerintah Jerman dalam menangani covid-19.

    Hampir semua pengunjuk rasa di Berlin tidak mengenakan masker atau menjaga jarak sosial (social distancing).

    "Kami ingin kembali ke demokrasi. Singkirkan aturan yang dipaksakan ini, dan jangan paksa kami memakai masker, yang membuat kami menjadi seperti budak," teriak salah satu pengunjuk rasa di Berlin.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id