PM Pakistan Dorong PBB Serius Tangani Islamofobia

    Willy Haryono - 26 September 2020 14:03 WIB
    PM Pakistan Dorong PBB Serius Tangani Islamofobia
    PM Pakistan Imran Khan. (Foto: AFP)
    New York: Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mendeklarasikan Islamophobia sebagai sesuatu yang terlarang secara universal. Ia mengklaim Islamofobia atau rasa takut berlebihan terhadap segala sesuatu terkait Islam, terlihat di banyak negara termasuk India.

    Dalam pidato virtual di Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, Jumat 25 September, Khan kembali mengecam perilisan ulang kartun Nabi Muhammad oleh kantor majalah asal Prancis, Charlie Hebdo.

    "Muslim terus menjadi sasaran dengan impunitas di banyak negara," kata Khan. Ia menyebut meningkatnya tren kebencian dan kekerasan "atas nama kebebasan berbicara" telah memperburuk Islamofobia.

    "Kami meminta agar provokasi dan hasutan untuk membenci harus dilarang secara universal," sambungnya, dilansir dari laman Voice of America, Sabtu 26 September 2020.

    Ia menyarankan agar Majelis Umum PBB mendeklarasikan sebuah hari peringatan baru, yakni "Hari Internasional untuk Memerangi Islamofobia."

    Dalam pidato virtual di PBB, Khan kembali menyerang pemerintahan nasionalis Hindu India di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Narendra Modi. Ia menuding PM Modi telah membiarkan atau bahkan mendukung kebencian terhadap hampir 200 juta Muslim di India.

    "Mereka (pemerintahan PM Modi) meyakini India itu eksklusif bagi Hindu, sementara warga lainnya tidak setara," sebut Khan.

    Perwakilan India untuk PBB, T.S. Tirumurti, mengecam pernyataan Khan via Twitter. Ia menyebut pidato Khan sebagai "langkah diplomatik rendahan yang penuh dengan kebohongan."

    Pakistan dan India bersitegang dari waktu ke waktu. Ketegangan militer kedua negara meningkat sejak 2019, saat India mencabut status semi-otonom di dua per tiga wilayah sengketa Kashmir, yang juga diklaim Pakistan.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id