Wapres AS Mike Pence dan Istrinya Negatif Korona

    Arpan Rahman - 22 Maret 2020 16:17 WIB
    Wapres AS Mike Pence dan Istrinya Negatif Korona
    Wapres AS Mike Pence bersama istrinya, Karen Pence. (Foto: Paul Morigi/Getty Images North America/AFP)
    Washington: Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence dan istrinya, Karen Pence, sama-sama dinyatakan negatif mengidap penyakit virus corona (covid-19). Kabar disampaikan juru bicara Pence pada Sabtu 21 Maret malam waktu setempat.

    "Dengan perasaan senang saya melaporkan bahwa hasil tes covid-19 menunjukkan negatif untuk Wakil Presiden @Mike_Pence dan juga @KarenPence," tulis Katie Miller, jubir wapres AS via Twitter, seperti dikutip dari laman CNN, Minggu 22 Maret 2020.

    Pence dan istrinya telah menjalani tes covid-19 usai salah satu anggota staf kantor wakil presiden AS dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

    "Karena posisi unik saya sebagai wakil presiden dan juga ketua gugus tugas virus korona Gedung Putih, saya dan istri saya akan menjalani tes petang ini," ujar Pence pada Sabtu kemarin.

    Satu hari sebelumnya, salah satu staf Pence dinyatakan positif covid-19. Pence kemudian berbicara kepada awak media, dan mengatakan bahwa staf yang terjangkit covid-19 tersebut "dalam kondisi baik" dan hanya mengalami gejala "ringan." Staf tersebut sudah tidak berada di Gedung Putih sejak Senin 16 Maret.

    Menurut klaim Pence, baik ia maupun Presiden Donald Trump sama-sama tidak pernah melakukan kontak langsung dengan staf tersebut. Ia mengatakan otoritas kesehatan AS telah melacak siapa-siapa saja individu yang telah melakukan kontak dengannya.

    Pekan kemarin, Gedung Putih mengumumkan bahwa Trump dinyatakan negatif covid-19. Trump menjalani tes korona sempat pernah berdiri dekat dengan dua pejabat Brasil yang positif korona.

    Bersama Dr. Anthony Fauci, Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, Pence menekankan bahwa warga As tidak perlu menjalani tes korona jika tidak memperlihatkan gejala flu demi meringankan beban staf medis di seantero negeri.

    Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Minggu ini, jumlah kasus covid-19 di seantero AS telah melampaui 26 ribu dengan 340 kematian dan 176 pasien sembuh.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id