Kasus Covid-19 Terus Menurun, Eropa Melihat Secercah Harapan

    Arpan Rahman - 06 April 2020 12:12 WIB
    Kasus Covid-19 Terus Menurun, Eropa Melihat Secercah Harapan
    Turis mengenakan masker saat berjalan di area Milan, Italia, 28 Februari 2020. (Foto: AFP)
    Roma: Jumlah kasus baru virus korona (covid-19) di benua Eropa mulai menurun dalam beberapa hari terakhir. Demikian juga dengan angka kematian hariannya, yang terus memperlihatkan tren penurunan.

    Italia telah melaporkan angka kematian terendah akibat covid-19 dalam dua pekan terakhir. Sementara angka kematian di Spanyol menurun selama tiga hari berturut-turut, dan Prancis juga mencatat jumlah korban yang relatif rendah dalam laporan hariannya.

    "Kurva (infeksi covid-19) mulai menurun, dan jumlah kematiannya juga demikian," ujar Silvio Brusaferro, salah satu petinggi otoritas kesehatan Italia. Ia optimistis Pemerintah Italia dapat segera meringankan sejumlah pembatasan pergerakan warga jika tren penurunan ini berlanjut.

    Sementara di Spanyol, seorang perawat bernama Empar Loren mengatakan bahwa situasi penanganan pasien covid-19 sudah jauh lebih stabil dalam beberapa hari terakhir.

    "Jumlah pasien di unit perawatan intensif sudah tidak terlalu banyak bertambah. Sejumlah pasien juga sudah diizinkan pulang," ucapnya, dirilis dari AFP, Senin 6 April 2020.

    Di sebuah rumah sakit darurat di Madrid, staf medis bertepuk tangan saat ada pasien yang sudah cukup sehat untuk diperbolehkan pulang. Eduardo Lopez, seorang pekerja bangunan yang sempat terinfeksi covid-19, mengucapkan terima kasih karena telah dirawat hingga sembuh.

    "Saya beri nilai 10 kepada staf yang telah merawat saya dengan penuh kehangatan dan rasa kemanusiaan," tutur Lopez.

    Inggris juga menyuarakan pesan optimisme kepada dunia melalui pidato nasional Ratu Elizabeth II. Sang ratu mengaku optimistis bahwa Inggris dan komunitas global dapat bersama-sama mengalahkan pandemi covid-19.

    Baca: Ratu Elizabeth II Yakin Inggris Mampu Kalahkan Covid-19

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan Eropa sebagai pusat pandemi covid-19, dengan Italia sebagai negara pemegang jumlah kasus dan kematian tertinggi.

    Hingga Senin ini, Universitas Johns Hopkins mencatat jumlah kasus covid-19 di Italia telah melampaui 128 ribu dengan 15.887 kematian dan 21.815 pasien sembuh.

    Untuk level global, Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah kasus tertinggi covid-19 dengan total 337.620 pada Senin pagi. WHO khawatir AS dapat menjadi pusat covid-19 selanjutnya jika tren lonjakan kasus dan kematian akibat covid-19 terus berlangsung.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id