AS Akan Kirim Ventilator ke Indonesia Akhir Mei

    Marcheilla Ariesta - 20 Mei 2020 20:34 WIB
    AS Akan Kirim Ventilator ke Indonesia Akhir Mei
    Ilustrasi ventilator. (Foto: Insider).
    Jakarta: Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat telah menyepakati kerja sama pengadaan ventilator untuk pasien virus korona (covid-19). Kerja sama penyediaan alat kesehatan ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan Presiden Joko Widodo dengan Presiden AS Donald Trump pada April lalu.

    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kerja sama tersebut melalui pertemuan antara Lembaga Pembangunan Internasional AS (USAID) dengan Menteri Kesehatan RI mengenai spesifikasi dan aspek teknis ventilator yang Indonesia butuhkan.

    "Indonesia dan AS telah berkomunikasi secara erat mengenai kerja sama ventilator," kata Retno dalam jumpa pers virtual, Rabu 20 Mei 2020.

    Retno mengatakan pada 4 Mei lalu USAID di Jakarta telah berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan. Komunikasi tersebut dilakukan untuk mengidentifikasi spesifikasi dan masalah teknis lainnya yang terkait dengan ventilator.

    Informasi tersebut kemudian dikirim ke AS oleh USAID pada keesokan harinya. Sementara itu, Kedutaan Besar RI di Washington DC juga berhubungan dengan Kementerian Luar Negeri AS dan Dewan Keamanan Nasional terkait hal tersebut.

    "Kami diberitahu bahwa pengiriman dapat dilakukan akhir Mei atau awal Juni," imbuh Retno.

    Akhir April lalu, Presiden AS Donald Trump mengatakan akan membantu penyediaan ventilator bagi Indonesia. Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan Indonesia memang kekurangan ventilator dalam penanganan pasien covid-19.

    Dia ingin alat kesehatan ini juga dapat diproduksi di dalam negeri. "Saya juga minta diberikan percepatan pengembangan, mungkin kita juga negara lain banyak kekurangan, yaitu ventilator, agar ini bisa diproduksi dalam negeri," ujarnya, beberapa waktu lalu.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id