AS Kesal Hubungan Vatikan-Tiongkok Menghangat

    Marcheilla Ariesta - 22 September 2020 16:55 WIB
    AS Kesal Hubungan Vatikan-Tiongkok Menghangat
    Menlu AS Mike Pompeo dikabarkan tak suka kedekatan Tiongkok dengan Vatikan. Foto: AFP
    Vatican City: Vatikan dan Tiongkok tengah bersiap memperbarui kesepakatan bersejarah mengenai pengangkatan uskup. Hal ini mencairkan hubungan dingin kedua negara, namun membuat Amerika Serikat tidak senang.

    Paus Fransiskus bekerja keras untuk memperbaiki hubungan dengan negara Komunis itu. Namun, tawarannya bertentangan dengan upaya Presiden AS, Donald Trump untuk mendorong tema kebebasan beragama melawan Tiongkok dalam kampanyenya untuk masa jabatan kedua.

    Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan, negaranya mengecam penganiayaan terhadap semua orang yang beragama di Tiongkok. Ia menuliskan banyak negara menyatakan 'jijik' pada pelanggaran hak asasi manusia.

    "Vatikan membahayakan otoritas moralnya, jika itu memperbaharui kesepakatan," ujar Pompeo di Twitter, dilansir dari AFP, Selasa, 22 September 2020.

    Sekitar 12 juta umat Katolik Tiongkok selama beberapa dekade terpecah antara asosiasi yang dikelola pemerintah, atau gereja tidak resmi yang setia pada Vatikan.

    Gereja 'bawah tanah' itu mengakui otoritas paus. Karena hal tersebut, diduga mereka sering dianiaya oleh pemerintah Tiongkok. Sementara asosiasi pemerintah, pendetanya dipilih oleh Partai Komunis.

    Setelah melalui negosiasi bertahun-tahun, pada 2018 Vatikan menandatangani perjanjian 'sementara' dengan Tiongkok. Isinya hingga kini belum dipublikasikan.

    Namun, beberapa hal baru yang paling penting adalah Beijing dan Vatikan memiliki suara dalam menunjuk uskup Katolik.

    Dalam langkah bersejarah awal tahun ini, Menteri Luar Negeri Tiongkok dan Vatikan secara terbuka bertemu di kegiatan internasional. Ini adalah pertemuan pertama kalinya dalam tujuh dekade.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id