Trump akan Kunjungi Area Terdampak Kebakaran California

    Willy Haryono - 13 September 2020 09:02 WIB
    Trump akan Kunjungi Area Terdampak Kebakaran California
    Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
    Washington: Setelah bungkam selama berpekan-pekan mengenai isu kebakaran hutan di wilayah West Coast, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana mengunjungi California pada Senin mendatang. Ia akan bergabung dengan pejabat lokal dan federal dalam mendiskusikan hal-hal seputar kebakaran hutan.

    Pengumuman kunjungan ke California, yang ditambahkan dalam jadwal kampanye tiga hari ke Nevada dan Arizona, disampaikan usai Trump mengucapkan terima kasih kepada jajaran petugas pemadam kebakaran dan tenaga medis pada Jumat malam.

    Ucapan terima kasih itu merupakan pernyataan perdana Trump mengenai kebakaran hutan yang sudah hampir sebulan melanda sejumlah wilayah di AS. Sejauh ini, kebakaran hutan di AS telah menewaskan 17 orang dan menghancurkan ratusan ribu hektare lahan di California, Oregon, dan juga Washington.

    "Saya telah menyetujui 37 Stafford Act Declarations, termasuk Bantuan Manajemen Kebakaran untuk membantu pekerjaan para pemberani," ucap Trump.

    "Kami akan selalu mendukung mereka semua!" sambungnya, dikutip dari laman nytimes, Sabtu 12 September 2020.

    Bungkamnya Trump menjadi sorotan karena dalam sepekan terakhir, Trump begitu vokal terhadap berbagai macam isu yang diyakini para penasihatnya mampu membantu dalam pemilihan umum presiden pada November mendatang.

    Dalam musim kebakaran terdahulu di AS, Trump pernah menyalahkan otoritas California atas manajemen penanganan kobaran api. "Kalian harus bisa membersihkan rumah sendiri, harus bisa membersihkan hutan kalian," kata Trump.

    Calon presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden, telah mengeluarkan pernyataan mengenai kebakaran hutan. Pernyataan Biden lebih mengarah ke isu korban dan kinerja petugas pemadam.

    "Kepada keluarga yang sudah kehilangan segalanya; kepada masyarakat yang sudah mengungsi dari rumah; kepada petugas pemadam dan tenaga medis yang telah mempertaruhkan nyawa -- tolong diingat bahwa kami selalu mendukung Anda semua," tutur Biden.

    Pada awal September, Badan Cuaca Nasional (NWS) memprediksi akan adanya kondisi suhu udara "langka, berbahaya, dan kemungkinan fatal" di seantero wilayah California selatan.
     
    Gubernur California Gavin Newsom telah mendeklarasikan status darurat kebakaran hutan pada awal bulan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id