comscore

Turki Tak Akan Ubah Posisi Selama Swedia Masih Berkaitan dengan PKK

Willy Haryono - 21 Mei 2022 16:18 WIB
Turki Tak Akan Ubah Posisi Selama Swedia Masih Berkaitan dengan PKK
Bendera Turki. (AFP)
Ankara: Turki "tidak akan mengubah" posisinya terhadap Swedia terkait keanggotaan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) jika negara Nordik tersebut masih memiliki "keterkaitan dengan organisasi teroris PKK."

Berbicara kepada media Anadolu Agency, utusan Turki untuk Swedia Hakki Emre Yunt mengatakan bahwa otoritas Swedia tidak mau mengakui bahwa YPG dan PKK adalah satu grup yang sama.
Yunt mengatakan Swedia mengeklaim bahwa YPG bukan organisasi teroris karena "sudah sangat berguna dalam perang melawan Daesh di Suriah dan Irak." Daesh merujuk pada kelompok militan Islamic State (ISIS).

"Jadi, mereka ingin terus membantu mereka (YPG) secara finansial dan militer. Kami telah meminta mereka untuk berhenti berhubungan dengan YPG, tapi mereka menolaknya," sebut Yunt.

Dalam perang melawan Turki yang sudah berlangsung lebih dari 35 tahun, PKK -- organisasi yang dianggap teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa -- bertanggung jawab atas kematian 40 ribu orang lebih.

Menurut Yunt, Swedia telah "membantu dan mengakomodasi" YPG. "Beberapa anggota parlemen Swedia mendukung mereka," ungkapnya

"Kami tidak senang atas hal ini," sambungnya.

Swedia telah secara resmi mengajukan permohonan keanggotaan NATO atas kekhawatiran invasi Rusia ke Ukraina. Namun Turki, yang juga merupakan anggota NATO, menolak pengajuan permohonan keanggotaan Swedia.

Baca:  Respons Indonesia Terkait Swedia-Finlandia Gabung NATO

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id