comscore

Inilah Isi Kapsul Waktu Kedua yang Terkubur di Dasar Patung Konfederasi AS

Medcom - 29 Desember 2021 14:56 WIB
Inilah Isi Kapsul Waktu Kedua yang Terkubur di Dasar Patung Konfederasi AS
Sinar X digunakan untuk mendeteksi isi dari kapsul waktu yang ditemukan di Richmond, VIrginia. (AFP)
Virginia: Memorabilia dan amunisi konfederasi telah dikeluarkan dari dalam kapsul waktu abad ke-19 yang telah tertanam di alas besar patung Robert E. Lee di Richmond, Virginia, Amerika Serikat (AS) pada Selasa kemarin. Lee merupakan pemimpin Angkatan Darat Virginia Utara selama Perang Saudara.

Dilansir dari New York Post, Rabu, 29 Desember 2021, seorang konservator menemukan uang Konfederasi, bendera Konfederasi yang diukir, dan simbol Masonik beserta Alkitab, koran tua, serta barang-barang lainnya.
Kapsul waktu tahun 1887 adalah kapsul kedua yang ditemukan di alas patung tersebut, yang telah dibongkar setelah pihak berwenang memindahkan patung Jenderal Konfederasi Lee pada September lalu.

Rencana untuk merobohkan patung itu diumumkan pada 2020, setelah protes nasional yang dipicu kematian pria kulit hitam, George Floyd, di tangan personek kepolisian Minneapolis.

Kapsul waktu pertama yang berupa kotak timah ditemukan beberapa pekan lalu, namun tidak sesuai dengan catatan sejarah terkait peresmian patung. Kini, para ahli mengatakan bahwa kemungkinan kapsul tersebut tidak resmi, yang mungkin telah disimpai oleh seseorang yang turut membangun patung Robert E. Lee.

Kapsul kedua ditemukan pekan ini, dan sebelumnya telah diperiksa oleh regu penjinak bom. Hal tersebut dikarenakan terdapat laporan bahwa kapsul tersebut mungkin berisi mortir atau artileri dari pertempuran di Fredericksburg.

"Kami ingin memastikan (amunisi) itu tidak aktif," kata Konservator Utama dari Departemen Sumber Daya Bersejarah Virginia, Kate Ridway, kepada wartawan. Beberapa konten kapsul yang rusak terkena air sudah disingkirkan.

Baca:  Kapsul Waktu 130 Tahun Ditemukan di Patung Konfederasi AS, Apa Isinya?

Para konservator menemukan apa yang terlihat seperti bola Minie dan peluru era Perang Saudara. Namun, beberapa penggemar sejarah mungkin kecewa dengan tangkapan tersebut karena tidak menyertakan foto mantan Presiden AS, Abraham Lincoln, di peti matinya. Sebagian orang meyakini foto itu ada di dalam kotak.

Terdapat satu foto di dalam kapsul, yakni seseorang yang berduka di atas kuburan Lincoln. Foto itu terlihat dari halaman surat kabar Harper's Weekly edisi 1865. Sejauh ini, ahli sejarah mengatakan bahwa hanya ada foto Abraham Lincoln yang diambil setelah kematiannya. (Nadia Ayu Soraya)

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id