comscore

Turki Diminta Sita Kapal Kargo Rusia yang Membawa Gandum Ukraina

Willy Haryono - 02 Juli 2022 19:05 WIB
Turki Diminta Sita Kapal Kargo Rusia yang Membawa Gandum Ukraina
Seorang prajurit Rusia berpatroli di pelabuhan Berdyansk, Ukraina, 14 Juni 2022. (Yuri KADOBNOV / AFP)
Kiev: Pemerintah Ukraina meminta Turki untuk menyita sebuah kapal kargo berbendera Rusia yang membawa gandum dari sebuah pelabuhan di Ukraina. Kementerian Luar Negeri Ukraina meyakini bahwa kapal Zhibek Zholy membawa kargo gandum sebesar 4.500 ton dari Berdyansk.

Dalam sebuah surat tertanggal 30 Juni, kantor jaksa penuntut umum Ukraina menginformasikan Kementerian Hukum Turki mengenai "ekspor ilegal gandum Ukraina" yang telah bertolak dari Berdyansk menuju Karasu, sebuah kota di Turki.
Dikutip dari Independent, Sabtu, 2 Juli 2022, Kiev juga meminta Ankara untuk "melakukan inspeksi terhadap kapal kargo, menyita sampel gandum untuk pemeriksaan forensik, dan menjelaskan informasi seputar lokasi" dari gandum tersebut.

Yevhen Batytski, gubernur yang ditunjuk Rusia untuk memimpin wilayah pendudukan Zaporizhzhia di Ukraina, mengumumkan via Telegram mengenai keberangkatan sebuah kapal kargo dari Berdyansk. Ia menyebut bahwa 7.000 gandum dalam kapal tersebut akan dibagikan ke negara-negara "bersahabat."

Duta Besar Ukraina untuk Turki, Vasyl Bodnar, juga mendesak Ankara untuk segera mengambil tindakan terhadap kapal tersebut.

"Berdasarkan surat yang kami terima (dari jaksa penuntut umum Ukraina), kami meminta Turki untuk mengambil langkah-langkah relevan," ungkapnya via Twitter pada Jumat kemarin.

"Kami menjalin komunikasi yang baik dan kerja sama intensif dengan otoritas Turki. Saya yakin keputusan yang akan diambil nanti akan mencegah terjadinya pelanggaran terhadap integritas wilayah Ukraina," tambah Bodnar.

Sementara itu, pihak Rusia di Moskow belum berkomentar mengenai tuduhan Ukraina tersebut. Selama ini Ukraina telah beberapa kali menuduh Rusia mencuri gandum mereka, dan Kremlin berulang kali membantahnya.

Baca:  Putin Bahas Kelancaran Ekspor Gandum dari Ukraina

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id