Gempa Magnitudo 7,0 Landa Shetland, Chile Keluarkan Peringatan Tsunami

    Willy Haryono - 24 Januari 2021 08:36 WIB
    Gempa Magnitudo 7,0 Landa Shetland, Chile Keluarkan Peringatan Tsunami
    Grafik guncangan gempa bumi yang diperlihatkan alat seismograf. (AFP)



    Santiago: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,0 melanda area sekitar Kepulauan Shetland Selatan di Antarktika. Menurut data Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa terjadi Sabtu malam pukul 23.36 GMT dengan kedalaman 7,8 kilometer.

    Dilansir dari laman Sputnik pada Minggu, 24 Januari 2021, Chile langsung mengeluarkan peringatan tsunami dan memerintahkan evakuasi terhadap beberapa pangkalan militer di area Antarktika, termasuk markas Eduardo Frei. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan bangunan.






    Badan Oseanografi dan Hidrografi Angkatan Laut Chile (Shoa) mencatat kekuatan gempa berada di angka 7,1. Shoa mengatakan, gempa terjadi sekitar 216 kilometer dari Pangkalan Bernardo O'Higgins di Antarktika.

    Satu gempa lainnya dengan kekuatan magnitudo 5,8 melanda area yang berlokasi 35 km dari Villa Presidente Frei di Nunoa, provinsi Santiago. USGS mencatat gempa tersebut terjadi sekitar 30 menit dari gempa magnitudo 7,0.

    Dalam gempa di Shetland. Chile sempat keliru dalam mengeluarkan peringatan nasional ke telepon genggam masyarakat. Dalam peringatan disebutkan bahwa gelombang tsunami dapat melanda area pesisir Chile.

    Pemerintah Chile kemudian mengirim pesan lanjutan, bahwa peringatan tsunami hanya berlaku bagi kawasan Antarktika.

    Chile dan beberapa negara tetangganya sudah sering diguncang gempa dalam setiap tahunnya. Menurut data USGS, gempa berkekuatan 9,5 di Chile pada 1960 adalah yang terkuat dalam sejarah skala magnitudo.
     
    Seperti beberapa negara rentan gempa lainnya, Chile terletak di Cincin Api atau Ring of Fire -- area yang mengelilingi Cekungan Pasifik. Gempa bumi dan erupsi vulkanik rentan terjadi di area tersebut.

    Baca:  Korban Tewas dalam Gempa Chile Bertambah jadi 12

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id