Fransiskus Sebut Mafia di Seluruh Dunia Berusaha Manfaatkan Pandemi

    Willy Haryono - 22 Maret 2021 11:17 WIB
    Fransiskus Sebut Mafia di Seluruh Dunia Berusaha Manfaatkan Pandemi
    Paus Fransiskus saat menyampaikan pidatonya di sebuah perpustakaan. (AFP)



    Vatikan: Paus Fransiskus mengambil posisi tegas terhadap kejahatan terorganisasi, termasuk kelompok mafia yang beroperasi di Italia dan sejumlah negara lainnya di dunia. Menurut Fransiskus, para mafia di seantero global berusaha mendulang keuntungan dari kesulitan warga di tengah pandemi Covid-19.

    Posisi Fransiskus sejalan dengan sikap Paus John Paul II dan Paus Benediktus XVI yang juga sama-sama telah mengecam keras berbagai aktivitas mafia.

     



    "Mafia di seluruh dunia sedang mencoba mengambil keuntungan dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini," kata Fransiskus dalam pernyataannya pada Minggu, 21 Maret 2021.

    Santo John Paul II mengecam "budaya kematian" yang diperlihatkan mafia. Sementara Benediktus XVI menyebut mafia sebagai kelompok yang berjalan di "jalan kematian."

    "Mereka (mafia) berusaha memanfaatkan pandemi saat ini untuk memperkaya diri," tutur Fransiskus, dilansir dari laman Sputnik pada Senin, 22 Maret 2021.

    Ia pun menyerukan kepada semua orang untuk mengenang kematian para korban para mafia dan bersama-sama berusaha keras dalam melawan jaringan kriminal tersebut. "Hari ini, mari kita perbarui komitmen kita dalam memerangi mafia," sebut Fransiskus.

    Baca:  Paus Fransiskus Dorong Semua Orang untuk Ikuti Vaksinasi Covid-19

    April lalu, Fransiskus menyampaikan doa khusus di Vatikan kepada mereka yang mengambil keuntungan dari orang lain di tengah pandemi Covid-19. Ia sempat berdoa agar Tuhan "menyentuh hati mereka" sehingga mau bertobat dan kembali ke jalan agama.

    Italia merayakan Hari Mengenang Korban Mafia pada Minggu kemarin, yang pertama kali digelar pada 2016. Hari peringatan ini didedikasikan untuk mengatasi masalah mafia, yang melanda Italia dan sejumlah negara lainnya sejak dahulu kala.

    Desember tahun lalu, Interpol mengingatkan bahwa sejumlah grup kejahatan terorganisasi mungkin akan mencoba mencuri pasokan vaksin Covid-19 atau menjual vaksin palsu di pasar gelap.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id