Joe Biden Masih Terdepan dalam Jajak Pendapat Pilpres AS

    Fajar Nugraha - 30 Oktober 2020 15:38 WIB
    Joe Biden Masih Terdepan dalam Jajak Pendapat Pilpres AS
    Capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden menguasai poling. Foto: AFP
    Florida: Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden masih terdepan dalam jajak pendapat Pilpres AS. Melawan petahana, Donald Trump, Biden berupaya menggaet suara di Florida pada Kamis 29 Oktober 2020 waktu setempat.

    Jelang akhir kampanye, kedua capres akan berpindah ke antara swing state atau negara bagian yang belum menentukan pilihan.  Trump akan mengatur langkahnya, dengan jadwal yang hiruk pikuk, tetapi kampanye Biden yang sangat tenang juga meningkat.

    “Setelah Florida, Trump akan terbang ke Fort Bragg di negara bagian North Carolina untuk bertemu dengan pasukan. Kampanye yang direncanakan di Fayetteville ditunda hingga Senin karena cuaca buruk,” kata tim kampanye Trump, seperti dikutip AFP, Jumat 30 Oktober 2020.

    Pidato Biden sendiri di Tampa dipotong oleh hujan deras yang tiba-tiba. Dia diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Wisconsin, Minnesota dan Iowa pada Jumat waktu setempat.

    “Secara keseluruhan, Trump berencana untuk mengunjungi 10 negara bagian pada hari-hari terakhir kampanye dan akan menjadi tuan rumah 11 kampaye dalam 48 jam terakhir,” kata seorang pejabat kampanye Trump.

    Menurut penghitungan pada Kamis dari Election Project US di Universitas Florida, lebih dari 80 juta orang Amerika telah memberikan suara awal dalam pemilihan presiden. Raihan menunjukkan tingkat partisipasi tertinggi dalam lebih dari satu abad.

    Pertarungan di jajak pendapat sangat memperlihatkan perbedaan. Joe Biden memimpin dari Donald Trump.

    Trump mengalahkan Hillary Clinton di Florida pada 2016, tetapi jajak pendapat NBC News / Marist yang dirilis pada Kamis menunjukkan Biden unggul 51 berbanding 47 poin di negara bagian itu. Sebuah jajak pendapat Quinnipiac baru membuat Biden unggul 45 berbanding 42 di Florida, dengan persaingan ketat di Iowa, tetapi Biden mempertahankan keunggulan yang sedikit lebih besar di Pennsylvania dan Ohio.

    Di Florida, jajak pendapat Marist menunjukkan Biden memimpin di antara pemilih kulit hitam (84-14), wanita (57-41) dan independen (55-41) dan juga disukai oleh para senior (53-46), yang merupakan sebagian besar pemilih di Sunshine State.

    "Saat ini, Biden meningkatkan skor di antara pemilih berusia 65 tahun ke atas dan pemilih independen. Ini adalah kelompok yang diusung Trump pada 2016," kata Lee Miringoff, yang melakukan jajak pendapat Marist.

    "Tetap saja, Trump mengimbangi Biden di antara pemilih Latin, kelompok yang kalah telak oleh Trump terakhir kali,” imbuhnya.

    Trump disukai oleh orang Latin (52-46), pemilih kulit putih (52-45), pria (54-44), dan pemilih kulit putih tanpa gelar sarjana (62-36) di Florida yang telah memihak pemenang setiap pemilihan presiden  dengan satu pengecualian Pilpres 1964.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id