Metro Siang

    Robin, Robot Ramah Agar Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi

    MetroTV - 21 Juli 2021 19:59 WIB
    Robin, Robot Ramah Agar Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi
    Robot ini bertujuan untuk membantu anak-anak agar tidak takut mengunjungi dokter gigi.



    Virginia: Perusahaan Expper Technologies menciptakan robot ramah anak bernama Robin. Robot ini bertujuan untuk membantu anak-anak agar tidak takut mengunjungi dokter gigi.

    Saat ini Robin sudah terdapat di tiga klinik gigi dan empat rumah sakit di wilayah Los Angeles, California. Robin dilengkapi empat sensor jarak ultrasonik dan sensor sentuh kapasitif yang memungkinkannya untuk memahami jika seorang anak memeluknya.

     



    Kecerdasan buatan pada Robin juga akan menafsirkan wajah anak-anak saat tersenyum atau cemberut. Robin akan menyapa anak anak ketika memasuki lobby dan mengobrol dengan riang untuk menenangkan mereka.

    “Robot memecahkan kebekuan dan bilang jangan gugup semuanya baik baik saja, lalu ia akan memainkan musik atau menunjukkan pada anak anak tentang cara menyikat gigi,” ujar ABC Kids Dental Group Espy Sosa dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Rabu, 21 Juli 2021.

    Robin dapat menggunakan tiga bahasa yaitu Inggris, Spanyol, dan Armenia yang merupakan bahasa pendirinya. Para psikolog bersertifikat juga bisa berbicara melalui Robin untuk memberikan dukungan sosial dan emosional.

    Robin ke depannya akan dilengkapi dengan lebih banyak sensor agar dapat bekerja di segala usia. Namun, saat ini Robin masih difokuskan hanya untuk anak-anak.

    “Saat ini mereka masih fokus untuk membuat anak anak tidak takut pergi ke dokter gigi,” kata jurnalis VOA Helmi Johannes dalam tayangan Metro Siang dari Arlington, Virginia, Rabu, 21 Juli 2021.

    Expper Technologies bekerja sama dengan rumah sakit anak UCLA mattel untuk meneliti bagaimana teknologi ini membantu anak dan orang tua yang stress karena dirawat di rumah sakit. (Widya Finola Ifani Putri)

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id