Metro Siang

    300 Warga Belarusia Gelar Aksi Protes Tuntut Investigasi Kematian Vitaly Shishov

    MetroTV - 04 Agustus 2021 16:46 WIB
    300 Warga Belarusia Gelar Aksi Protes Tuntut Investigasi Kematian Vitaly Shishov
    Seorang warga meletakkan foto di altar yang didirikan untuk mengenang Vitaly Shishov di depan Kedubes Belarus di Kiev. Foto: AFP/Sergei Supinsky



    Kyiv: Sekitar 300 warga Belarusia menggelar aksi protes guna menuntut investigasi atas kematian aktivis Vitaly Shishov di depan Kedutaan Besar Belarusia di Kyiv, Ukraina. Sebelumnya, Shishov telah dilaporkan hilang pada Senin, 2 Agustrus 2021.

    Dilansir dari ABC News, Vitaly Shishov merupakan seorang aktivis organisasi Rumah Belarusia di Ukraina (BDU) yang berbasis di Kyiv. Organisasi ini bertujuan membantu warga Belarusia melarikan diri dari penganiayaan.

     



    "Warga Belarusia Vitaly Shishov menghilang kemarin di Kyiv. Hari ini ditemukan digantung di salah satu taman Kyiv, tidak jauh dari tempat tinggalnya," kata Kepolisian Ukraina dalam pernyataan pers.

    BDU menjelaskan, selama memimpin kelompok, Shishov sukses membantu warga Belarusia dalam menemukan akomodasi, pekerjaan, dan nasihat hukum. Mereka pun menyatakan, seringkali mendapat berbagai peringatan terkait kemungkinan terjadinya insiden ini.

    "Kami berulang kali diperingatkan oleh sumber lokal dan orang-orang kami di Republik Belarus tentang semua jenis provokasi, termasuk penculikan dan likuidasi," jelas BDU.

    Hingga kini, ratusan warga Belarusia tak henti meminta kejelasan atas kematian Shishov yang diduga dibunuh. Kepolisian Ukraina terus melakukan investigasi penyebab kematian. Presiden Ukraina menyatakan, akan berupaya penuh mengungkap kematian aktivis Vitaly Shishov. (Nadia Ayu)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id